Basuki: Pengendalian Harga Bisa Dilakukan Setelah Ada Pasar Rakyat

1
59

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjelaskan, kerja sama yang dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Pemprov Lampung dan Pemprov Nusa Tenggara Timur bertujuan untuk mengadakan kerja sama distribusi logistik kebutuhan pokok. Inti kerja sama itu untuk mencegah terjadinya kenaikan harga akibat permainan spekulan.

Namun, hal itu baru akan dilakukan setelah ada Pasar Rakyat. Oleh karena itu, Basuki menegaskan, untuk saat ini Pemerintah Provinsi DKI tidak dapat mencegah kemungkinan naiknya harga kebutuhan pokok di Jakarta jelang Ramadhan.

“(Untuk bisa mengendalikan harga) Kuncinya kan harus punya pasar rakyat dulu. Jadi tidak ada jaminan (harga kebutuhan pokok tidak akan naik),” katanya, di Balaikota Jakarta, Rabu (11/6/2014).

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyambangi Lampung pada 23 April dan NTT pada 29 April. Kedatangan tersebut guna membahas mengenai rencana kerja sama pemenuhan logistik untuk Jakarta dari kedua daerah tersebut. Kebutuhan logistik nantinya akan disuplai ke sejumlah pasar rakyat milik Pemprov DKI, yang saat ini masih dalam proses pembangunan.

Sejumlah pasar rakyat yang rencananya akan dibangun oleh Pemprov DKI adalah Pasar Manggis; Pasar Kebon Bawang; Pasar Pesanggrahan; Pasar Bungur; dan Pasar Nangka Bungur.

“Pasar rakyat nantinya bisa menekan harga. Para penjual tidak boleh menjual barang melebihi harga yang telah ditetapkan, karena distribusinya langsung kami yang lakukan,” kata Basuki. [Kompas.com]

1 COMMENT

  1. Bapak kasih ultimatum aja ke para pengusaha yang suka menaikkan harga barang dan jasa semena-mena…

    Kalo harga naik….. izin usaha saya tutup…..

    Simple kan pak…..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here