Tahun Depan BTP Naikkan Sumbangan Bazis

2
60

Ahok.Org – Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berjanji meningkatkan amal sosialnya empat kali lipat ke Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Bazis) DKI Jakarta pada tahun 2015. Namun, ia meminta agar sumbangan itu tidak disalurkan secara tunai.

“Saya janji saya naikkan dua kali lipat, bila perlu empat kali lipat sumbangan saya asal Bapak menyalurkannya tidak pakai kontan. Sumbangan jangan dari amplop, tidak boleh dalam bentuk cash. Di dalam amplop nantinya hanya bukti transkasi saja,” kata Ahok usai memberikan amal sosialnya pada acara Peduli Ramadan Bazis DKI di Istora Senayan, Selasa (15/7/2014).

Ahok akan mengurangi sumbangannya jika pengumpulan dan penyaluran zakat tetap pakai kontan. “Kalau Bapak tetap pakai kontan saya berpikir mau mengurangi tahun depan,” ucapnya.

Menurut Ahok, sumbangan diberikan secara cash pakai amplop sulit diawasi. “Makanya saya tugaskan harusnya udah sistem seperti itu. Saya janji akan kasih 2 atau 4 kali lipat. Tapi nggak mau amplop-amplop lagi. 1.000 Orang kalau cuma 300 orang, 700 ke mana? Wallahualam. Kita juga nggak tahu di dalam ada berapa, kalau ada oknum nakal yang nyolong gimana?”, ujarnya.

Selain itu jika diberikan dengan sistem transfer, kata dia, penyaluran zakat pada yang membutuhkan akan lebih mudah. Dengan begitu, di masa yang akan datang penerima zakat lebih terdata dan bisa disatukan dengan Kartu Jakarta Pintar dan Bansos lainnya.

Ahok menilai transaksi cash akan lebih mudah diselewengkan oleh oknum nakal. Penerimanya juga sulit dikontrol. Karena itu, Ahok meminta transaksi dilakukan lewat Bank DKI agar bisa dicocokkan datanya dengan penerima program dana Bansos.

“Lebih baik disatukan, lama-lama kita bisa mengontrol semua orang yang miskin, yang kurang beruntung ini dicocokan dengan data BPS. Kalau sekarang dibilang 50 persen orang berada di bawah garis kemiskinan, kita perlu tahu siapa orangnya kan. Tapi kalau gini gimana kita tahu orangnya siapa,” kata Ahok.

Ahok menambahkan kerja untuk penanggulangan kemiskinan akan lebih mudah dilakukan apabila penyaluran zakat dibuat satu jalur lewat bank. Dia beralasan penyimpanan data di bank lebih baik dan teratur. [Detikcom]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here