KAI Siap Bantu Ahok Tertibkan Gubuk Liar

12
113

Ahok.Org – Kepala Humas PT KAI Daops 1 Agus Komaruddin menyatakan siap membantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menertibkan permukiman liar di kolong rel kereta saat warga mudik Lebaran.

Menurut dia, bangunan dan lapak liar paling banyak terdapat di sepanjang jalur kereta rel listrik (KRL) dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Manggarai. Kemudian, di sekitar Stasiun Senen, Kemayoran, hingga Tanjung Priok.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan elemen Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) DKI Jakarta untuk menertibkan bangunan liar itu,” kata Agus, saat dihubungi wartawan, di Jakarta, Jumat (25/7/2014).

Ia mengaku mengalami kesulitan dalam menertibkan lapak liar yang berada di dekat rel kereta dan bawah jalan layang rel kereta. Sebab, bangunan liar biasanya kembali bermunculan setelah ada penertiban.

Agus memberi contoh ketika penertiban beberapa bulan lalu. Saat itu pihaknya membongkar 320 bangunan liar di jalur rel kereta dekat Stasiun Tanah Abang. Kini kondisinya kembali semrawut.

“Memang agak sulit memberantas lapak liar di lingkungan rel kereta, termasuk di kolong rel layang. Ketika dibongkar, mereka (bangunan liar) kembali muncul,” ujar Agus.

Sekedar informasi, sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bakal membongkar habis permukiman liar yang berada di kolong jalan layang dan kolong jalan layang rel kereta api.

Selain itu, pihaknya juga bakal menertibkan pemukiman liar yang ada di pinggir jalan inspeksi. Penertiban itu akan dilaksanakan pada saat warga mudik Lebaran.

Pemprov DKI bakal dibantu sejumlah lembaga negara maupun BUMN untuk menertibkan permukiman dan PKL kumuh. Pembersihan PKL di kolong tol akan didukung oleh personel Kodam Jaya, Kementerian Perhubungan, dan TNI.

Sementara untuk penertiban PKL di rel kereta api bakal dibantu oleh PT KAI. Usai penertiban, kawasan tersebut akan dibangun ruang terbuka hijau (RTH) yang dilengkapi beberapa fasilitas umum, seperti jalan inspeksi atau tempat olahraga.

Kendati demikian, Basuki merahasiakan wilayah yang akan , bakal memprioritaskan penertiban di wilayah mana. Sebab, apabila diberitahu, maka warga tetap akan bertahan.

Ia menginstruksikan kepada wali kota setiap wilayah untuk mensosialisasikan penertiban tersebut. “Saya siap digugat HAM-burger,” tegas dia. [Kompas.com]

12 COMMENTS

  1. memang perlu CEPAT dibangun penggantinya… taman juga bisa… … kalau pendatang baru merusak taman tersebut, berarti merusak aset negara…Singapore sedang mencoba konsep: “City in a Garden”… target mereka tahun 2016 bisa terwujud…

    • kalau mau cepat siapkan saja dulu tanaman-tanaman yang sudah jadi… begitu bangunan liar digusur…LANGSUNG ditanam dari stock yang ada…setelah itu pasang yellow police line selama beberapa waktu…”DO NOT CROSS”… untuk pemberitahuan bahwa dilarang menggangu/merusak area tsb…

  2. Om Sak, tolong pesan ke pak Ahok, pak Larso masuk angin tuh, ntah siapa yang bisikin buat peraturan pelajar mesti gonta ganti baju seragam, udah 40% rakyat miskin tak sekolah/putus sekolah dah cukup bebannya eh sekarang di tambah mesti beli berbagai seragam, emangnya uang KJP mo dibuat bancakan pedangan baju dan tukang jahit yah ?, jgn keluarin peraturan aneh2 yang nambah beban ke anak didik deh, uang ekskul yang jalan2 ke mana lah , ntar guru ulang tahun lah , ntar murid ulang tahun lah, itu peraturan boleh buat swasta tapi sekolah pemerintah jgn buat peraturan aneh2 yg menguras otak dan kantong orang tua serta murid

    • Wah bang love.. bukan cuman di DKI yg seperti itu bang..
      Di unit kerja saya juga salah satu sma negeri di priangan timur.. sama saja.
      Katanya sudah ada bos, tp tetap ada pungutan untuk seragam. Mulai seragam putih abu, seragam batik, seragam baju koko untuk hari jumat dan seragam pramuka.. dan satu lagi seragam olahraga.
      Dan sejujurnya itu adalah proyek bancakan dari stakeholder di sekolah yg di naungi oleh MKKS.. dan tak mungkin dinas juga mengetahui nya bang..

  3. Pak Ahok tolong pilih salah satu dari 3 cewek cantik ini untuk menjadi wakil gubernur DKI

    1. Angel Karamoy
    2. Dian Sastro Wardoyo
    3. Briptu Eka Frestya

    Yang lain tidak masuk pilihan sebab tidak disukai rakyat.

  4. Pagar besi disepanjang rel kereta api dari Ancol sampai stasiun Tanjung Priok, banyan yg dipreteli pemulung, kelihatannya pt.KAI tidak ambil peduli…INI sudah berlangsung dua tahunan…

    • Betulll Bro Hattori.
      Dukung terus Bpk BTP.
      Tambahan lg sepanjang REL KERETA :Jl. Mangga Besar (rel stasiun mangga besar 13), Jl. Tiangseng (samping wisma eka jiwa), Jl. Pisang Batu (Mangga Dua Abdad), Jl. Semangat raya (samping harco mangga dua/ Belakang mangga dua squer, Jl Musollah (pondok tuak), Jl. Ir. Juanda 1.
      SALAM JAKARTA BARU

  5. Mestinya itu kan aset pt .kai. Seharusnya pt. Kai yg lakukan penertiban sedangkan dki menbackup.
    Hati2 pa ahok, bagian yg tidak enak , tidak populer dilakukan atas nama pa ahok. Lihat saja penertiban di jatinegara memakai embel2 ini perintah pa wagub. Kenapa bukannya dikatakan ini dilakukan sesuai perda. Lama2 ini jadi pembunuhan karakter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here