BTP: Sekarang Saya “Concern” Beresi Jakarta

49
388

Ahok.Org – Niat Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mundur dari Partai Gerindra sudah bulat. Dia mengaku siap memimpin Ibu Kota dalam tiga tahun ke depan tanpa dukungan partai politik.

“Lebih baik saya enggak usah ada hubungan dengan partai politik. Saya sekarang concern aja kejar target beresi Jakarta tiga tahun, selamat tinggal,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu di Balaikota Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Pernyataan “selamat tinggal” itu tak hanya ditujukan bagi semua partai politik, tetapi juga pada peluangnya kembali mencalonkan diri sebagai gubernur DKI pada Pilkada DKI 2017. Sebab, jika kepala daerah dipilih oleh DPRD seperti yang tercantum dalam RUU Pilkada, calon kepala daerah yang memiliki hubungan dekat dengan anggota DPRD-lah yang terpilih menjadi kepala daerah.

Jika jadi mundur dari Gerindra, Basuki menegaskan tidak lagi berniat bergabung pada partai politik mana pun. Ia lebih berminat mengajukan diri sebagai calon gubernur independen pada Pilkada DKI 2017.

“Independen sajalah. Nanti kamu bantu saya kumpulin KTP ya. Ha-ha-ha,” kata Basuki tertawa.

Ahok juga mengaku tak khawatir dengan komposisi kursi Partai Gerindra dan partai lain yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih yang lumayan besar di DPRD DKI. Ia meyakini, kinerjanya tidak akan dihambat oleh legislatif. Selama program unggulan DKI itu untuk kepentingan rakyat, DPRD tidak akan menghambatnya.

“Aku yakin DPRD ini memiliki hati nurani. Mereka sama-sama yang terbaik untuk Jakarta. Kalau mereka tidak mau mengesahkan APBD, tidak usah disahkan, saya pakai anggaran tahun lalu saja. Saya bisa bangun Jakarta tanpa APBD yang disahkan paripurna, tapi Anda (anggota dewan) juga nanti tidak gajian semua,” kata Basuki tersenyum. [Kompas.com]

49 COMMENTS

  1. saran kepada pak wagub kalo mundur dari partai lebih baik secara baik2 tanpa memberi pernyataan apapun ke media tentang gerindra. nanti yg ada anda malah perang kata2 sama kader gerindra.

  2. Ditunggui Pak Jokowi tuh Pak. Jangan berhenti ditengah jalan dong. Pak Jokowi pasti bisa sediakan jabatan untuk Bapak KaLau udah selesai urus Jakarta.Paling Siip urus semua Gubernur dan kepala daerah…biar semua tidak bisa korupsi dan harus penuhi target kerja…KaLau ngak pecat saja….salam

      • Presiden saja bisa dipecat bung Chandra, apalagi cuman Gubernur dan Wagub. Konstitusi parpol kita di negara ini, mewajibkan bahwa Presiden dan Gubernur wajib menjadi anggota Parpol. Dengan pak Ahok mundur dari Gerindra dan independen, maka sepertinya sudah melanggar konstitusi dan beliau seyogyanya melepas jabatannya, karna jabatan tsb milik parpol PDIP dan Gerindra. Sepengertian saya sih begitu, tapi mungkin saya salah. kita lihat saja tanggapan Gerindra perihal hal ini.

  3. Kami warga Jakarta siap mengumpulkan KTP untuk mengajukan Bapak sbg calon independen di 2017. Selama Bapak menjabat, banyak sekali perubahan perubahan positif yang terjadi di Jakarta.

  4. Pak Jokowi ga akan rela kehilangan Pak Ahok, suatu saat bakal direkrut utk posisi RI-2 (utk kelak Pak Ahok menuju ke 8).
    Tetaplah mjd figur yg rendah hati dan tegas Pak Ahok, Anda akan selalu didukung rakyat.

  5. Yeah Pak Ahok, sy secara sukarela akan ngumpulin KTP dr kluarga n teman2 buat Pak Ahok maju sebagai Gubernur tahun 2017 mndatang!!! usul sih klo partai2 politik sdh busuk gini..Bapak aja kumpulin org2 kompeten, jujur n cinta Indonesia buat partai politik baru.

  6. siap2 saja pasti nanti ada yg demo anda untuk mundur dari gub/wagub. pendemo dari koalisinya dgn tema kalo mundur dari gerindra harus mundur dari jabatannya.

    • hai ingat ahok bukan dipilih oleh partai politik tapi dipilih rakyat DKI melalui pencoblosan surat suara di pilkada 2 tahun kemarin. aturan kepala daerah dipilih DPRD belum disahkan jangan ngawur mau menjalankan aja.

  7. Hidup Ahok! Teruskan perjuanganmu membela rakyat. Tuhan melihat ke dalam hatimu dan hati mereka. Tuhan mendengar segala rencana jahat mereka and you don’t belong with them. Allah bless you!

  8. Menurut saya sih sebaiknya kita semua berpikir dan mencari jalan/cara supaya RUU yg dibahas dan didukung oleh kualisi merah putih tidak bisa terwujud karena Ruu itu akan menghilangkan hak pilih semua orang…wah gimana ya caranya kawan kawan???

    • Caranya mas, gugat ke MK kalau UU-nya udah jadi, atau UU itu bisa dilaksanakan setelah PP dari Presiden, nah Jokowi tunda-tunda aja jgn dibuat-buat PP-nya.

  9. Saran saya, jangan mundur dulu Pak Ahok, baru kali ini ada pilkada fenomenal, yaitu utk DKI Jakarta tahun 2012. Sebenarnya rakyat tidak tahu, mereka tidak mengenal calon kepala daerahnya masing2. Asal DPRD bersih kan, pilkada bisa melalui DPRD. Rakyat hanya korban media massa. Media massa membentuk opini rakyat berdasar keinginan / pesanan pemodal. Ayoo pak, tunjukkan DPRD dan DPR adalah wakil rakyat benar2. Berjuanglah bersama DPR

  10. boleh tanya ? kalo misalkan pada bilang ahok, risma, kamil, joko adalah produk pilkada langsung yang oke punya, se-indonesia ada 33 gubernur puluhan walikota, bupati, dan pemimpin daerah lainnya, kalo dengan pilkada langsung hanya menghasilkan ga lbh dari 10 pemimpin yang oke, so sisanya apa kabar ya ?

  11. hai semua,
    .
    dinegeri ini, selama jalur independen (utk semua tingkat) belum dapat jalan “tol” yg sama dng yg jalur parpol, n dipilih langsung, maka dpr/dprd belum beres.
    .
    kalau uu pemilu tingkat 1 n 2 oleh dprd akhirnya disahkan n berlaku, solusinya sederhana : setelah 24-10, undangkan oleh ri-1 (walau hanya setahun berlakunya) pembuktian terbalik harta pejabat publik n langsung berlaku(terutama utk legislatif), setelah sebelumnya diberi jedah 30 hari untuk merenung n memilih mundur sendiri or terus n masuk pembuktian terbalik hartanya, kalau tidak lolos test, masuk bui n dimiskinkan; lolos test, silahkan curahkan segalanya utk negeri ini.
    .
    walau dipilih dprd, kalau yg milih n dipilih bukan sebangsa garong, hasilnya saya pikir masih boleh lah, hitung-2 pejabat masa transisi menuju indonesia baru.
    .
    salam,

    • bung TJ, Presiden pun tidak punya kekuasaan untuk menelurkan undang2 pembuktian terbalik harta pejabat publik. Mahkamah Agung & Mahkamah Konstitusi berdiri independen berdaulat sejajar dengan Presiden dalam tata hukum negara Indonesia. Sama juga dengan kebijakan Bank Indonesia, Presiden tidak punya hak kekuasaan untuk ikut campur / mempengaruhinya.

      Presiden wajib tunduk pada semua keputusan DPR karna DPR adalah wakil rakyat resmi. Tapi saat ini, kekuasaan DPRD kepada Gubernur tidak sehebat kekuasaan DPR kepada Presiden. Mungkin, itu ambil andil yang besar sehingga UU Pilkada ditinjau kembali 🙂

      • Mbak Grace, Presiden masih punya senjata yaitu Perpu yg berlaku satu tahun, jadi bisa bikin Perlu tentang pembuktian terbalik, sambil menyakinkan DPR supaya bisa di sahkan jadi UU. Sangat power full mbak.

  12. Salut untuk Ahok, jangan mau di atur oleh Partai pak, tidak sejalan dengan hati tinggalkan, kedaulatan rakyat yang paling utama di atas kedaulatan partai…apalagi partai koalisi bagi2 kursi

  13. juga menyarankan lembaga survey non abal-abal, utk mencari tahu, seperti apa pendapat rakyat indonesia mengenai hal diberlakukannya aturan pembuktian terbalik harta kekayaan pejabat publik, lengkap dng sangsinya.
    .
    survey dilakukan secara nasional, dan juga secara provincial, utk mendapat gambaran lengkap, apa kemauan rakyat n mengurangi dampak monopoli mayoritas. karena ada kemungkinan ada daerah yg pimpinan daerahnya dipilih dprd; apakah secara hukum ketata-negaraan, ini dimungkinkan?
    .
    salam,

  14. Mantaffff…..pak ahok…seandainya…masyarakat yang memiliki jiwa dan hati seperti bpk berkumpul…kesejahteraan rakyat bisa terjadi dan pancasila bisa jadi sakti kembali…dan lambang burung garuda bisa ada di tembok rumah lagi….MERDEKA !!!!!!

  15. Gila jangan cuman slogan aja boss… Kalo berani terus pimpin DKI… baru ane yakin ente bener” GILA. Jangan takut… orang GILA itu dimana2 pasti menang sama orang WARAS.

  16. Benar Pak, FOKUS benahin Jakarta nanti kita bantu bersuara protes di MEDSOS klo ada yg komen macam2. MEDSOS sdh mulai ramai lagi yg pstnya 80% dukung Pak AHOK.Saya selalu dukung Pak AHOK, LUV U FULL Pak AHOK, do your best aja 😀 POLITISI2 yg ribut2 itu lg kebakaran jenggot, sewot krn mrk terancam tambah kehilangan muka didepan rakyat krn kehilangan Pak AHOK.

  17. Saya yakin Pak Ahok sedang menguji Pak Prabowo dengan mengajukan surat pengunduran dri dari Gerinda, jawaban Pak Prabowo itulah yang ditunggu-tungu karena jawaban tersebut akan kelihatan apakah Pak Prabowo pro rakyat atau pro FZ dkk yg tidak pro rakyat. Masih ditunggu jawaban pak Prabowo, yang jelas kader dibawah yang pro rakyat akan rame-rame ikut mengundurkan diri. Jadi masih menunggu jawaban Pak Prabowo sebagai pemilik Gerinda.

  18. Pilkada langsung buang2 duit rakyat triliunan…pilkada langsung bisa juga bikin orang korup…300-an orang walikota/bupati kena kasus korupsi krn harus balikin modal pilkada…

  19. Pak Ahok… katanya anda hanya mau taat pada Konstitusi, bukan konstituen. Lahh… UU Parpol kan adalah Konstitusi dimana Gubernur dan Wagub wajib anggota suatu parpol resmi. Mana ada dalam sejarah Indonesia secara konstitusi, jabatan Gubernur / Wagub diperoleh dari jalur independen ????…. itu tindakan inkonstitusi lah pak. Gerindra dukung bapak untuk pilkada DKI kan karna dikiranya bapak orang yang bersih dan berjiwa ksatria. kok setelah berhasil diorbitkan, jadi gini to ?! 🙁

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here