Saya Siapkan Surat Pengunduran Diri dari Gerindra

17
163

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tampaknya serius dengan ucapannya terkait keinginan untuk mengundurkan diri sebagai kader Partai Gerindra. Basuki mengaku telah menyampaikan rencana ini kepada Fraksi Gerindra di DPRD DKI.

“Makanya, hari ini juga saya menyiapkan surat pengunduran diri dan berhenti sebagai kader Partai Gerindra,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Surat pengunduran diri itu akan langsung dikirim ke DPP Partai Gerindra. Di Gerindra, Basuki menduduki jabatan sebagai Ketua Bidang Politik DPP.

Menurut dia, Partai Gerindra sudah tidak lagi sejalan dengan visinya. Basuki menganggap Gerindra melakukan “blunder” dengan mendorong pemilihan kepala daerah dikembalikan seperti Orde Baru, yakni melalui DPRD.

“Bagi saya, Partai Gerindra sudah tidak sesuai dengan perjuangan saya untuk memberikan rakyat sebuah pilihan terbaik,” kata pria yang akrab disapa Ahok itu.

Partai Gerindra bersama parpol dalam Koalisi Merah Putih menolak kepala daerah dipilih langsung oleh rakyat dengan berbagai alasan. Dalam pembahasan RUU Pilkada di Dewan Perwakilan Rakyat, parpol Koalisi Merah Putih ingin kepala daerah dipilih oleh DPRD.

Menurut Basuki, rencana itu telah menghilangkan nilai demokrasi dan reformasi yang tertanam di pemerintahan. Selain itu, pemilihan oleh DPRD dianggap menjadikan kepala daerah sebagai “sapi perah” oleh para anggota dewan. Kepentingan publik pun akan semakin terkalahkan oleh kepentingan anggota dewan.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra DKI Jakarta M Taufik mempersilakan Ahok untuk mundur dari partainya. Bahkan, Taufik menyarankan agar Ahok segera membuat surat pengunduran diri. [Kompas.com]

17 COMMENTS

    • Dibawah ini adalah arti dan makna Sila ke 4:
      1. Hakikat sila ini adalah demokrasi. Demokrasi dalam arti umum yaitu pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Secara sederhana, demokrasi yang dimaksud adalah melibatkan segenap bangsa dalam pemerintahan baik yang tergabung dalam pemerintahan dan kemudian adalah peran rakyat yang diutamakan.
      2. Pemusyawaratan. Artinya mengusahakan putusan secara bulat, dan sesudah itu diadakan tindakan bersama. Disini terjadi simpul yang penting yaitu mengusahakan keputusan secara bulat. Bulat yang dimaksud adalah hasil yang mufakat, artinya keputusan itu diambil dengan kesepakatan bersama. Dengan demikian berarti bahwa penentu demokrasi yang berdasarkan pancasila adalah kebulatan mufakat sebagai hasil kebikjasanaan. Oleh karena itu kita ingin memperoleh hasil yang sebaik-baiknya didalam kehidupan bermasyarakat, maka hasil kebikjasanaan itu harus merupakan suatu nilai yang ditempatkan lebih dahulu.
      3. Dalam melaksanakan keputusan diperlukan kejujuran bersama. Dalam hal ini perlu diingat bahwa keputusan bersama dilakukan secara bulat sehingga membawa konsekuensi adanya kejujuran bersama. Perbedaan secara umum demokrasi di barat dan di Indonesia yaitu terletak pada permusyawaratan. Permusyawaratan diusahakan agar dapat menghasilkan keputusan-keputusan yang diambil secara bulat.

      Saya Rasa sebagian anggota DPRnya masih didominasi oleh kepentingan partai… apalagi partai yang sudah mengumumkan untuk beraliansi..

    • DPR benar bagaimana? Rata2 mereka korupsi semua, rakyat sudah tidak percaya sama partai politik dan DPR.

      Mereka semua tukang tipu, mereka memelihara rakyat agar tetap bodoh dan miskin, itu yg mau loe harapkan.

      Tolakkkkkk Pilkada oleh DPRrrrrrr

    • sistem negara adalah presidensial jadi tidak ada istilah presiden di pilih rakyat langsung eh gubernur bupati walikota malah di pilih parlemen/dpr/d , mau buat negara banci kalau 1/2 1/2 sistem nya ? sila ke 4 bukan untuk pemilihan kepala daerah atau pemilihan pemimpin negara, jgn nyeleneh menerjemahkan sila dari pancasila

  1. Bagus juga. Gerindra sekarang benar-benar kelihatan boroknya. Kalau dilihat, parpol yang agak bagus sekarang ya Nasdem tapi ya setiap saat bisa berubah. 3 Tahun konsentrasi benahi Jakarta lalu di akhir masa jabatan, semoga bisa bergabung dengan parpol yang pro rakyat supaya punya kesempatan bagi rakyat untuk memilih Ahok sebagai RI-1.

  2. Seperti yang anda bilang Pak Ahok, silahkan kumpulkan KTP kami kalau anda maju lagi nanti untuk Jakarta atau RI1 kami akan bantu anda, bukan ada saja yang sudah muak dengan politikus di Indonesia!

  3. Di indonesia mau cari pemimpin kayak pak ahok udah susah banget,jujur,tegas,dan beretika..sy pribadi selalu dukung pak ahok,padahal sy paling benci ikut coment hal2 politik gini..di indonesia kalo ada 100 pimpinan kayak pak ahok,maka indonesia akan makmur,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here