ERP di Kuningan Diuji Coba Akhir September

2
57

Ahok.Org – Mesin Electronic Road Pricing (ERP) sudah terpasang di Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menargetkan uji coba ERP di ruas jalan tersebut bisa dimulai pada akhir bulan ini.

“Harusnya minggu depan sudah bisa,” kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (25/9/2014).

“ERP kita masih uji coba terus karena kan kita harus tes alatnya, bisa atau tidak membaca pelat kendaraan dengan tepat,” ungkap Ahok.

Mesin ERP yang dipasang itu tidak jauh dari Mal Setia Budi. Perusahaan yang digandeng dalam uji coba tahap kedua ini adalah Q-Free, perusahaan asal Norwegia. Sebelumnya, pada tahap pertama, Pemprov DKI Jakarta menggandeng perusahaan Kapsch asal Swedia untuk uji coba sistem jalan berbayar di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, menurut Ahok, sistem ERP yang sudah dilakukan pada tahap pertama sudah mulai menunjukkan hasil yang baik. Pada awalnya, teknologi tersebut sempat bermasalah dalam mendeteksi pelat nomor yang dimodifikasi.

“Uji coba ini sama halnya dengan parkir meter jadi pasang dua alat. Ini bukan bicara soal uang tapi mengontrol volume kendaraan. ERP dan parkir adalah cara untuk mengontrol jumlah kendaraan yang lewat,” jelas Ahok.

“Kita sih prinsipnya di jalur ERP itu ada bus tingkat gratis tiap 10 menit. Itu kompensasi kita berikan. Ini ERP kan kita bukan mau uangnya. Parkir meter juga bukan mau uangnya sebetulnya tapi membatasi kamu bawa mobil,” pungkas Ahok. [Detikcom]

2 COMMENTS

  1. P.Ahok,

    saya tinggal di apartemen di jl hr rasuna said.
    jalan tsb harus saya lewati setiap hari, dan saya tidak mungkin untuk naik kendaraan umum setiap hari utk keperluan seluruh aktifitas keluarga saya. Anda bisa bayangkan tidak soal mengantar jemput anak sekolah, ke kantor, dll dan harus membawa berbagai macam keperluan sehari hari dengan menggunakan kendaraan umum ? ada ribuan orang yg tinggal di apartemen hr rasuna said yg senasib dengan saya. kalau anda mau buat peraturan tolong dikaji secara mendalam. jangan pasang erp di area yg ada perumahannya pak. terima kasih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here