DKI Segera Tertibkan Pemukiman Liar di Kalijodo

3
71

Ahok.Org – Pemprov DKI Jakarta akan menertibkan pemukiman liar yang berjejer di Kalijodo, Penjaringan, Jakarta Utara. Apalagi di kawasan itu dikenal juga sebagai salah satu pusat prostitusi.

“Iya kita mau bersihin pelan-pelan. Semua kita mau bersihin, pasti (termasuk area prostitusinya),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada wartawan saat mengunjungi Taman Kota Penjaringan yang berada di Kampung Kebon Pisang, Pejagalan, Penjaringan, Sabtu (27/9/2014).

Pantauan di lokasi, di sepanjang pinggiran Kali Kanal Banjir Barat itu memang terlihat ratusan bangunan bedeng liar yang dijadikan tempat tinggal. Selain untuk pemukiman, banyak juga yang menjadikan tempat usaha dengan aneka salon maupun kamar penginapan. Lokasi itu pun jadi terlihat kumuh dan penuh sesak.

“Memang itu sudah pernah dibersihin kok. Tapi mereka balik lagi, karena kita nggak pernah bikin jalan inspeksi. Dan kita nggak pernah cari solusi,” kata pria yang biasa disapa Ahok ini.

Penertiban akan segera dilakukan setelah rusun untuk relokasi rampung dibangun. Salah satu yang saat ini dibangun pemprov yakni di wilayah Daan Mogot, Jakarta Barat.

“Itu kan masih wilayah Jakarta. Pokoknya ya harus pindah,” tegasnya.

Ahok ingin Kalijodo bisa bersih dari pemukiman liar. Dengan begitu jumlah rasio jalan dan ruang terbuka hijau nantinya akan bertambah. [Detik.com]

3 COMMENTS

    • Dear Pa Ahok

      Saya warga DKI yang bertempat tinggal (kontrak) dikawasan tanah garapan di bantaran kali anak pesanggrahan Pesing Garden Kedoya Selatan, saat ini wilayah ini sudah dibangun tanggul pada sisi depan dan belakang kali untuk pelebaran kali. saya ingin menanyakan apakah warga sekitar bantaran kali tersebut akan direlokasi kerumah susun? kalau iya bagaimana cara mendapatkannya. terima kasih

  1. Penertiban lokalisasi memang pekerjaan paling merepotkan karena bagi para pelaku itu pekerjaan tapi bagi masyarakat itu penyakit. Makanya investasi untuk pembuatan pabrik2 yg menyerap banyak tenaga kerja memang perlu di dukung penuh.. wah repot memang ngurusi negara ini tapi..ya itu.. harus di hadapi satu-satu apabila berhasil.. itu bukan hanya tercatat didunia….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here