Pernyataan Resmi DPRD Terkait Status Basuki

12
140

Ahok.Org – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama resmi diumumkan naik menjadi gubernur DKI Jakarta dengan sisa masa jabatan 2012-2017.

Itu diungkapkan oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dalam Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jumat (14/11/2014) pagi.

Rapat Paripurna Istimewa dibuka oleh Prasetyo pada pukul 10.50 WIB. Rapat ini mengumumkan status Basuki atas surat dari Kementerian Dalam Negeri kepada DPRD DKI Jakarta.

Berikut pengumuman Prasetyo dalam Rapat Paripurna Istimewa.

Berdasarkan keputusan Presiden RI tanggal 16 Oktober 2014 telah ditetapkan pengesahan pemberhentian dengan hormat Ir Joko Widodo sebagai Gubenur Provinsi DKI Jakarta masa jabatan tahun 2012-2014 dan menunjuk Ir Basuki Tjahaja Purnama, MM Wakil Gubernur DKI Jakarta masa jabatan 2012-2017 sebagai pelaksana tugas wewenang dan tanggung jawab Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta sampai dilantiknya gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2012-2017.

Selain hal tersebut di atas, DPRD Provinsi DKI Jakarta telah menerima surat Menteri Dalam Negeri RI 121.31/4438/OTDA tanggal 28 Oktober 2014 dan tembusan surat mendagri RI nomor 121.31/4480/OTDA 29 Oktober 2014 perihal pengangkatan wakil gubernur DKI Jakarta sebagai gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2014-2017 serta surat tugas Provinsi DKI jakarta tertanggal 30 Oktober 2014.

Menindaklanjuti hal tersebut di atas, pada 13 November 2014, DPRD DKI Jakarta telah melaksanakan rapat gabungan DPRD DKI Jakarta bersama pimpinan fraksi-fraksi DPRD yang menghasilkan agenda pokok rapat paripurna istimewa DPRD yaitu dalam rangka pengumuman sekaligus pengusulan pengesahan pengangkatan wakil gubernur DKI Jakarta menjadi gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2014-2017 yang dilaksanakan pada hari ini.

Sehubungan dengan itu, sesuai ketentuan pasal 203 ayat (1) perpu 1 tahun 2014 tentang pemilihan gubernur, bupati, dan wali kota bahwa dalam terjadi kekosongan gubernur maka wakil gubernur menggantikan gubernur sampai dengan masa jabatan 2017.

Dengan memperhatikan surat Mendagri RI 121.31/4438/OTDA tertanggal 28 Oktober 2014, pada kesempatan yang hadir ini saya selaku ketua DPRD dengan ini secara resmi mengumumkan dan sekaligus mengusulkan kepada presiden Indonesia melalui mendagri untuk pengesahan Ir Basuki Tjahaja Purnama Plt Gubernur DKI Jakarta menjadi Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan tahun 2012-2017.

Selanjutnya, Ketua DPRD akan mengirimkan surat ke Presiden RI melalui Mendagri untuk pengesahannya. Rapat Pimpinan Istimewa DPRD DKI Jakarta ini hanya berlangsung 10 menit, berakhir pukul 11.00 WIB. [Kompas.com]

12 COMMENTS

  1. Congrats buat pak Ahok resmi dilantik menjadi gubernur DKI. Sekarang saatnya full speed pak, jgn perduli yg lain yg penting tujuannya lurus & buat kepentingan rakyat banyak, bpk kan nga ada sangkut menyangkut dgn partai manapun lg.

  2. Kadang Allah memberi permusuhan untuk memberitahu betapa berartinya kedamaian itu.

    Dan Kebajikan akan menghancukan kebatilan.

    HIDUP AHOK dan SELAMAT BEKERJA KERAS UNTUK KAMI.

    INGAT ANDA … “PELAYAN” Demokrasi kami..Kami “RAKYAT”ADALAH BOSS Anda.

    الثناء على المحسن بما أعطاك وأولاك
    Memuji orang telah berbuat baik, terhadap apa yang telah dia berikan kepadamu.

  3. Selamat Bekerja Ahok, Semoga Tuhan semua agama melindungi dan menguatkan anda dalam menghadapi manusia berhati busuk dan iri terhadap kebenaran dan kejujuran yg anda kerjakan demi rakyat Indonesia. Aneh , anda yg dapat Hatta Award tidak dihargai di bumi Indonesia. Tunggu 2019 kami tidak akan memilih partai2 KMP. Kemaren saya tusuk Gerindra karena Ahok. tapi sekarang saya menyesal.

  4. SELAMAT BAHAGIA kepada seluruh warga dki, karena kalian sudah sah punya pelayan yg bagus. dan kepada wni dimanapun kalian berada, serta warga manusia apapun status anda, karena boleh “melihat” secara “live” tontonan yg berjudul : ‘melakukan yg seharusnya dilakukan, segmen indonesia’. sementara pelaku utamanya tidak menduduki posisi subjek, melainkan lebur dalam object, secara defacto.
    .
    salam,

  5. Saya bersyukur kepada Allah yang telah memberi Indonesia pemimpin pemimpin yang adil dan tangguh. Ini merupakan rizki bagi kita semua. Semoga bermunculan terus pemimpin pemimpin seperti ini. Selamat bekerja pak Basuki Tjahaya Purnama sebagai Gubernur DKI….Alhamdulilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here