Ada Duta Besar, Pejabat Tak Perlu Sering-sering Studi Banding ke Luar Negeri!

0
46

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama berpendapat, selama ini peran para duta besar belum dimaksimalkan. Salah satu peran yang ia maksudkan adalah menjalankan peran promosi wisata dan budaya daerah Indonesia di wilayah tugasnya.

Selain itu, Basuki juga menyoroti soal para pejabat yang lebih memilih melakukan kunjungan langsung ke luar negeri. Padahal, kata dia, hal itu seharusnya tidak perlu dilakukan karena sudah ada duta besar.

“Yang dikatakan Pak Presiden, sejak dulu harusnya kepala daerah bisa memanfatkan dubes, bukan malah studi banding,” kata Basuki seusai bertemu Duta Besar Indonesia untuk Italia, August Parengkuan, di Balaikota Jakarta, Selasa (25/11/2014).

“Kalau dubes kan sudah tahu titik-titik yang bagus untuk promosi wisata, sekalian juga buka peluang UMKM buat ekspor impor,” lanjut Basuki. “Jadi setiap ke luar negeri itu mesti jelas.”

Basuki lalu mengatakan, suatu kali dia pernah ingin studi banding soal layanan bus transjakarta dengan mengunjungi Bogota, Kolombia, yang punya transmilennio. Namun, Basuki akhirnya tak perlu ke Bogota kalau hanya itu karena semua informasi yang dia butuhkan bisa didapatkannya dari Duta Besar Indonesia untuk Kolombia.

“Jadi waktu itu dubes yang datang ke kami. Selama dua jam hingga tiga jam, dia paparkan banyak hal tentang transmilennio di Bogota. Jadi saya tidak perlu buang waktu saya untuk studi banding seperti itu,” papar Basuki. “Kita baru pergi (ke luar negeri) kalau betul-betul diperlukan untuk pergi. Jadi tidak buang waktu,” tegas dia.

Sementara itu, August mengatakan, tujuannya menyambangi Basuki adalah terkait rencana kedutaannya mengadakan pameran kebudayaan Betawi di negeri asal piza tersebut. Dia meminta Basuki mengirimkan tim kesenian untuk kegiatan yang dijadwalkan pada April 2015.

“Saya minta tolong Pak Gubernur untuk mengirimkan tim ke Italia, dan kalau memungkinkan (tim itu) menetap selama seminggu di sana,” kata August. “Kami tentu sangat senang kalau Pemda DKI bisa datang. Tapi kalau misalkan mengirim tim kesenian (saja pun) itu sudah luar biasa sekali.” [Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here