Basuki Ingin Kemenhub Bangun “Elevated Loopline”

1
49

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ingin agar ke depannya tak ada lagi pelintasan sebidang di dalam Kota Jakarta.

Oleh karena itu, ia berharap Kementerian Perhubungan bisa segera mempercepat pembangunan jalur lingkar layang (elevated loopline) dari Manggarai hingga ke Kampung Bandan, yang melalui Jatinegara, Pasar Senen, dan Kemayoran.

“Itu yang kita mau kejar pembersihan lahan-lahan sebidang semua. Makanya, kita pengen Manggarai hingga Kampung Bandan harus dibangun. Kita maunya tahun depan langsung dikerjain,” kata Ahok seusai bertemu dengan Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro, di Balaikota Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Dalam kesempatan terpisah, Edi pun berharap hal yang sama. Menurut Edi, pembangunan jalur lingkar layang memang harus segera dilakukan dalam upaya meningkatkan jumlah penumpang per harinya.

Edi menjelaskan, dengan adanya jalur layang, frekuensi pemberangkatan kereta bisa lebih ditingkatkan. Hal itu belum bisa dilakukan saat ini karena akan menyebabkan kemacetan lalu lintas di jalan-jalan yang bersinggungan dengan pelintasan sebidang.

“Kan ini banyak sekali persilangan yang memungkinkan terjadinya kecelakaan antara kereta api dan kendaraan,” ujar dia.

Proyek pembangunan jalur lingkar layang kereta akan menelan dana Rp 9 triliun. Rencananya akan dibangun dalam dua tahap, yaitu lintas timur dengan panjang 10 kilometer dengan rute Kampung Bandan-Kemayoran-Senen-Pondok Jati serta lintas barat dengan panjang 17 kilometer dengan rute Manggarai-Tanah Abang-Angke-Kampung Bandan.

Saat ini, jalur lingkar layang kereta di Jakarta baru ada di sepanjang jalur Manggarai-Kota. Jalur ini dibangun pada 1992. [Kompas.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here