Basuki Usul Akta Nikah Digratiskan

0
45

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mendukung usulan nikah massal di ibu kota. Namun begitu, orang nomor satu di ibu kota ini ingin agar akta nikah warga dibereskan terlebih dulu.

“Kita dukung, tapi yang lebih kita dukung lagi Jakarta ini nggak ada lagi orang yang aktanya nggak beres,” ujar Ahok, sapaan akrab Basuki di Balaikota, Rabu (31/12).

Dikatakan Ahok, berdasarkan laporan di lapangan, selama ini banyak warga Jakarta yang belum mengantongi akta nikah meski telah melangsungkan pernikahan. Warga tersebut umumnya berasal dari mereka yang berekenomi tidak mampu. “Akta yang nggak beres itu termasuk akta lahir selain akta nikah,” katanya.

Ia menyampaikan, selama ini kepengurusan akta nikah berada merupakan kewenangan Kementerian Agama (Kemenag) sehingga tidak bisa digratiskan. Maka dari itu, samungnya, Pemprov DKI berencana mengirimkan surat kepada Kemenag agar akta nikah dapat diambil warga secara gratis. “Makanya kita ingin bikin surat ke Kemenag, minta itu digratiskan,” tuturnya.

Ahok meyakini, dengan cara demikian, tidak akan ada lagi warga di Jakarta yang sudah menikah tapi belum memiliki akta nikah. Maka dari itu, usulan yang akan diajukan Pemprov DKI diharapkan bisa disetujui Kemenag.

“‎Kalau ini disetujui, saya yakin di Jakarta nanti tidak ada lagi orang yang menikah tapi nggak punya akta nikah,” tandasnya. [Beritajakarta.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here