Basuki Tolak PT JM Bangun Monorel

3
70

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama akan mengirim surat kepada PT Jakarta Monorail (JM) supaya tidak melanjutkan proyek monorel yang sudah direncanakan.

“Intinya surat itu saya minta dirancang, kita menolak PT JM membangun monorel di Jakarta dengan rute seperti itu,” kata Basuki di Balai Kota, Senin (12/1).

Saat groundbreaking dimulai yakni pada 16 Oktober 2013, direncanakan sistem yang akan dibangun untuk jalur Blue Line dan Green Line adalah sebesar US $ 900 juta dollar. Rencananya, kontraktor yang akan mengerjakan pembangunan monorel ini ada beberapa, yaitu BTS Bangkok Mass Transit System Public Company Limited, Changchun Railway Vehicle Corporation (CNR), China Communications Constructions Company Limited (CCCC), Indosat, Singapore Technologies Electronics Limited, SMRT International PTe Ltd, dan TUV Rheinland Limited.

Leader-nya sendiri dipilih CCCC yang merupakan kontraktor yang mengerjakan Jembatan Suramadu. Pembangunan monorel yang akan dikerjakan oleh PT JM dan Ortus Holdings selaku investor sendiri terdiri atas jalur Green Line sepanjang 14,5 meter dan jalur Blue Line sepanjang 15,5 meter dengan jumlah stasiun masing-masing 16 dan 15 stasiun.

Stasiun yang akan dibangun di jalur Green Line, yaitu Komdak-Senopati-SCBD-Asia Afrika-Stadion Madya-Palmerah-Pejompongan-Karet-Sudirman-Setiabudi Utara-Kuningan Sentral-Taman-Rasuna-Casablanca-Grand Melia-Gatot Subroto-Satria Mandala.

Sementara untuk jalur Blue Line, stasiun yang akan dibangun diantaranya adalah di Kampung Melayu-Tebet-Dr Sahardjo-Menteng Dalam-Casablanca-Ambassador-Sudirman WTC-Menara Batavia-Karet-Kebon Kacang-Tanah Abang-Cideng-Caringin-Tomang-Taman Anggrek-Citraland.

“Kalau dia (PT JM) mau bangun lagi, dia musti ikut tender dengan rute yang berbeda. Jadi kita mau cari formatnya seperti apa,” ujar Basuki.

Kendati demikian, Basuki mengatakan, pihaknya tetap memberi kesempatan kepada siapapun untuk bisa membangun monorel di Ibu Kota. Sebab, selama ini Basuki menilai, PT JM ngotot seolah-olah menegaskan bahwa yang berhak membangun monorel adalah mereka.

“Ini yang tidak betul dan terbukti Anda berapa tahun tidak pernah bisa bangun. Tapi kami harus cari celah hukumnya. Jangan sampai karena ada permainan oknum, saya masuk penjara gara-gara menolak orang bangun monorel di Jakarta,” kata Basuki. [Beritasatu.com]

3 COMMENTS

  1. Monorail mah kurang penting. Mendingan bus TJ nya dibanyak biar saya gak pegel nunggunya. Belum lagi desak-desakan sama bapak2. Mohon dengat keluhan saya pak basuki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here