Jadi Tuan Rumah “New Cities Summit”, DKI Diuntungkan

1
57

Ahok.Org – DKI Jakarta akan menjadi tuan rumah konferensi New Cities Summit, Juni 2015 mendatang. Konferensi yang diikuti oleh 50 kota dari negara maju ini memberi kesempatan Pemprov DKI Jakarta untuk memaparkan berbagai aset dan kegiatan positif di Jakarta.

Penetapan DKI Jakarta sebagai tuan rumah itu setelah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menandatangani nota kesepahaman bersama CEO New Cities Foundation John Rossant, di Balaikota, Rabu (14/1/2015).

“DKI sebagai tuan rumah sangat diuntungkan. Karena selain untuk promosi wisata, kami tidak perlu lagi mengirim pegawai atau studi banding ke negara lain, di konferensi nanti kami akan barter pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan,” kata Basuki, dalam sambutannya.

Basuki menjelaskan, permasalahan yang terjadi di tiap kota dan negara hampir serupa. Seperti permasalahan pemukiman, sampah, transportasi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. DKI Jakarta, kata dia, juga akan mempelajari berbagai teknologi yang telah diterapkan negara lain untuk menyelesaikan permasalahannya. Seperti teknologi pengolahan sampah dan lainnya.

“Nanti DKI akan langsung pelajari teknologi dan sistem baru yang mereka (negara maju) gunakan. Seharusnya sih setelah kita belajar dengan pemerintah negara lain, kota Jakarta akan lebih maju dari (negara atau kota) mereka,” kata Basuki.

Di tempat yang sama, CEO New Cities Foundation John Rossant menjelaskan, penyelenggaraan konferensi di Jakarta merupakan kali pertama dilaksanakan di benua Asia. Sebelumnya, konferensi ini diselenggarakan di Paris (Eropa), Sao Paulo (Amerika Selatan -Brazil), dan Dallas (Amerika Serikat).

Jakarta, menurut Rossant, merupakan salah satu kota di benua Asia yang pertumbuhan ekonominya paling dinamis dan paling cepat dibanding kota lainnya. “Saya dapat merasakan ada optimisme dan semangat dari pegawai di sini. Saya harap konferensi nanti bisa memberi banyak kontribusi dan menyelesaikan permasalahan di Jakarta,” kata Rossant. [Kompas.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here