"Betul, Drainase Sudah Tua.."

2
60

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengakui drainase atau saluran air di Jakarta sudah banyak yang tua.

Kapasitas drainase tua tersebut tidak mampu menampung air hujan dengan curah hujan tinggi. Hanya mampu menampung curah hujan di bawah 50 milimeter (mm) per hari.

“Betul sudah tua semuanya,” kata Basuki di Balai Kota DKI, Jakarta, Rabu (11/2).

Meski mengaku drainase di Jakarta sudah banyak yang tua, namun Basuki tidak ingin melakukan revitalisasi drainase atau pelebaran drainase sehingga mampu menampung curah hujan dengan intensitas lebih dari 80 mm per hari.

Pasalnya, pihaknya akan membuat banyak sumur resapan di seluruh wilayah Jakarta. Khususnya di jalur transportasi massal seperti Mass Rapid Transit (MRT) sepanjang Jalan Thamrin dan Sudirman.

“Enggak bisa diganti kan drainasenya. Kita akan buat sumur resapan tahun ini. kalau MRT selesai, di sepanjang Jalan Thamrin dan Sudirman mungkin akan kita bobok jalur yang dibuat taman itu, kita tambahkan sumur resapan,” ujarnya.

Selama ini, ungkapnya, Pemprov DKI telah melakukan normalisasi dan penertiban drainase di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Drainase yang tertutup bangunan kini telah dibuka, bangunan yang diatasnya dibongkar. Sehingga aliran air hujan dengan mudah bisa masuk ke dalam drainase.

“Kita sudah selesaikan drainase semuanya. Buktinya, hujan besar, orang-orang bilang cepat kering. Dulu, banyak orang yang meninggikan rumah supaya tidak banjir, tetapi malah menutupi saluran airnya. Jadi air enggak bisa masuk got. Karena itu kita bongkarin semua. Sekarang kan sudah lihat buktinya,” ujar mantan Bupati Belitung Timur ini. [Beritasatu.com]

2 COMMENTS

  1. Pak menurut saya bpk sudah berusaha dgn baik namun alam berkata lain ini terbukti dgn pekerjaan pemprov dki yg real saat bpk menjabat.
    Saran pak
    1. Bersihkan sampah dari sungai maupun kali + gorong gorong
    2. Tentukan standard minimum jumlah pompa di wilayah pesisir jakarta utk melempar air banjir dan genangan air ke laut kemudian adakan 2 x dari jumlah minimum + cadangan pompa lengkapi genset + genset cadangan juga yg lebih tinggi dari permukaan tanah 5 meter sehingga aman dari korsleting listrik
    3. Jangan hanya pluit pak sunter juga dong pak pompanya.
    4. Tambahan nanti giant sea walll sementara item1 sd 3 dulu deh

    Pasti selesai tuh masalah banjir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here