May Day, TransJ Tetap Beroperasi

0
61

Ahok.Org – Ribuan buruh akan tumpah ruah di Bundaran HI hingga Istana Negara untuk peringati Hari Buruh Internasional atau biasa disebut May Day. Pemprov DKI bekerjasama dengan Polda Metro Jaya akan melaksanakan hari bebas berkendara (car free day) selama peringatan Mayday berlangsung.

Atas aksi ini, Transjakarta akan tetap beroperasi namun disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Bus TransJakarta (beroperasi) normal,” kata Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Rabu (29/4/2015).

Dihubungi secara terpisah, Dirut PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Antonius NS Kosasih mengatakan bus TransJakarta koridor I (Blok M-Kota) akan tetap beroperasi. Namun, operasi bus ini bergantung pada kondisi buruh saat bergerak menuju Istana Negara.

“Pada dasarnya normal jika buruh aksi turun ke jalan maka layanan bisa dialihkan atau dihentikan secara situasional,” ucap Kosasih.

Di setiap perayaan May Day, bus TransJakarta hanya beroperasi setengah hari. Saat buruh mulai berjalan dari Bundaran HI ke Istana Merdeka, bus TransJakarta Koridor I (Blok M-Kota) dari arah Blok M menuju Harmoni dialihkan.

Bus-bus ini tidak akan melewati Jl MH Thamrin hingga Istana Negara. Hal ini karena selama berjalan, buruh memakai seluruh lajur yang ada di sepanjang MH Thamrin-Medan Merdeka Barat termasuk jalur TransJakarta. Pengalihan ini bersifat situasional.

Tahun ini adalah tahun kedua Hari Buruh Internasional ditetapkan sebagai hari libur nasional. Karena itu, Polda dan Pemprov DKI akan mengadakan car free day mulai pukul 06.00-13.00 WIB di sepanjang Sudirman-Thamrin layaknya car free day yang biasa diterapkan setiap akhir pekan. [Detikcom]

Ahok Siapkan Tempat Wudu Bagi Buruh Salat Jumat Saat May Day

Peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini akan bertepatan dengan hari Jumat. Pemprov DKI akan menyediakan air wudu agar buruh dapat beribadah salat Jumat di Monas .

“Waktu orang Jumatan, kita akan siapkan air wudu di Monas,” kata Gubernur DKI Basuki T Purnama di Balai Kota, Jl. Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Rabu (29/4/2015).

Ia mengatakan Pemprov DKI akan menyediakan air wudu untuk massa buruh yang akan beribadah.

“Jadi kalau salat Jumat di Monas kalau ambil air wudunya gampang,” sambungnya.

Selain Monas, ada beberapa lokasi yang bia ditempati buruh untuk shalat Jumat. Antara lain Mesjid Istiqlal, mesjid di gedung MA dan beberapa gedung lainnya.

Massa buruh akan berkumpul di Bundaran HI dan akan berjalan menuju Istana Negara sebagai lokasi utama aksi buruh. Sementara buruh merayakan May Day, Pemprov DKI menyelenggarakan car free day di sepanjang jalan Sudirman-Thamrin. [Detikcom]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here