Membangun Jakarta Harus dengan Semangat Pahlawan

0
47

Ahok.Org – Semangat dan pengorbanan para pahlawan merebut kemerdekaan bangsa harus diimplementasikan dalam membangun Kota Jakarta.  Hal ini untuk mewujudkan keadilan sosial serta mensejahterakan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Basuki, Tjahaja Purnama usai ziarah bersama Wakil Gubernur, Djarot Saiful Hidayat serta para pejabat Pemprov DKI di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (16/6).

Dikatakan Basuki, pengorbanan kita saat ini belum sebesar para pahlawan terdahulu. Karena tidak harus berperang melawan penjajah dengan senjata. “Perjuangan kita belum sampai dengan darah dan mengorbankan nyawa. Sekarang harus membuat dompet, perut, dan kepala warga penuh,” katanya.

Pembangunan dalam hal pendidikan, kesehatan, usaha masyarakat, dan mengatasi kemacetan menjadi prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. “Sekarang ini kita utamakan untuk transportasi massal. Akan dibuat jalan layang untuk kereta api, kalau mobil bisa masuk tol dalam kota. Kan ada 6 ruas toal yang akan dibangun,” tuturnya.

Bukan hanya itu, lanjut Basuki, Pemprov DKI juga akan mendesain jalur sepeda di jalan layang. “Kita tidak mungkin melebarkan jalan lagi untuk jalur sepeda, karena untuk trotoar saja susah. Sedang dibuat desain jalan layang sepeda, seperti di Denmark,” tandasnya.

Ziarah yang dilakukan Gubernur DKI, Wakil Gubernur DKI beserta para pejabat di lingkungan Pemprov DKI merupakan kegiatan rutin menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta. Pada kesempatan itu, Basuki sempat melakukan tabur bunga di makam mantan Gubernur DKI Jakarta, Sudiro Hardjodisastro dan Suwirjo, serta makam mantan Wakil Presiden RI, Sudharmono. [Beritajakarta]

Pemprov DKI akan Beli Lahan untuk TMP di Cilangkap

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membeli lahan untuk Taman Makam Pahlawan (TMP) di Cilangkap, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan mengingat semakin sempit dan terbatasnya kapasitas makam di TMP Kalibata, Jakarta Selatan.

“Ini (TMP Kalibata) sebentar lagi akan penuh, kami sedang usahakan membeli lahan untuk Taman Makam Pahlawan kedua di daerah Cilangkap dekat Mabes TNI,” ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, usai berziarah di TMP Kalibata, Selasa (16/6).

Dikatakan Basuki, sisa lahan kosong untuk makam yang ada di TMP Kalibata hingga saat ini tinggal sekitar 350 unit. Diperkirakan tidak lama lagi akan terisi penuh.

“Kita sudah merdeka saja 70 tahun, sudah pasti banyak pejuang yang umurnya juga sangat tua. Katanya sebulan bisa 3 orang, berarti kan tidak sampai 10 tahun,” katanya.

Rencananya, Pemprov DKI akan membebaskan lahan seluas 30 hektare di Cilangkap. “Ada 30 hektare, dan juga kita akan perlebar akses jalannya dari keluar pintu tol Cilangkap ke TMP jalannya lebar,” ucapnya.

Untuk harganya sendiri, Basuki mengaku masih menunggu perhitungan dari tim appraisal.

“Harga pakai perhitungan appraisal. Kalau sudah keluar nanti kita bayar,” tandasnya. [Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here