Cara Ahok Kendalikan Harga Daging Sapi di Jakarta

2
69

Ahok – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar operasi pasar khusus komoditi daging sapi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, operasi pasar ini dilakukan untuk membuat harga daging sapi menjadi stabil.

Saat ini terpantau, harga daging sapi sudah mulai merangkak naik. “Kami masih punya banyak stok daging di PD Dharmajaya kira-kira 70 ton dan kami akan lepas (daging sapi) ke pasaran itu Rp 85.000-89.000 tiap kilogramnya, tergantung wilayah masing-masing,” kata Gubernur Basuki, di Balai Kota, Senin (13/7/2015).

Ahok, -demikian Basuki biasa disapa, mengaku memiliki harapan besar kepada PD Dharmajaya setelah ada perombakan direksi di dalam perusahaan itu. Ahok menginginkan Dharmajaya menjadi pemimpin dalam urusan distribusi daging sapi dan bisa melawan tengkulak daging sapi utuh.

Sama seperti sistem transaksi operasi pasar sebelumnya, Ahok juga akan menerapkan sistem transaksi non tunai untuk operasi pasar daging sapi. “Kami enggak mau lagi operasi pasar itu gelontorin berapa ratus atau puluh ribu ton beras, tapi pembelinya enggak jelas. Kalau dengan orang yang beli jelas, saya kira ini akan membuat para pemain spekulan mikir. Kalau kami gelontorkan daging sapi Rp 85.000, kamu jualnya Rp 100.000 per kilogram, pasti banyak pembeli enggak mau beli,” kata Ahok.

Sistem transaksi non tunai dalam operasi pasar ini sudah dilakukan sejak awal Juli lalu. Namun, ia mengakui sistem ini belum sempurna dilaksanakan, dan pelaksanaannya harus lebih baik di tahun 2016 mendatang.

Melalui sistem non tunai, dapat diketahui apakah sembako yang disediakan pemerintah benar-benar tepat sasaran, dibeli warga kurang mampu atau tidak. “Tapi untuk operasi pasar daging sapi ya susah juga. Karena rata-rata orang yang beli daging kan mereka pasti punya kulkas dan freezer. Tapi ya tetap akan kami coba (transaksi) non cash,” kata Ahok.

Pemprov DKI Jakarta akan menggelar operasi pasar daging murah di 37 kelurahan. Pemprov DKI telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar untuk operasi daging sapi dan ayam saat bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Operasi pasar rencananya akan dilaksanakan pada H-4 dan H-2 hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah. [Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. Yang bener Pak Ahok… Tanggal 13 Juli kemaren aku beli daging di pasar Kramat Jati harganya Rp 130.000 lho…. Pasti ada yang salah nih dibawah jajaran Pak Ahok….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here