Basuki Resmikan PT Jamkrida Jakarta

1
57

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Penjaminan Kredit Daerah Jakarta (PT Jamkrida Jakarta) di Balai Agung, Jumat (28/8). Peresmian ditandai dengan pemukulan gong.

Direktur Utama PT Jamkrida Jakarta, Chusnul Ma’arif mengatakan, dengan beroperasinya PT Jamkrida Jakarta secara resmi mulai 28 Agustus 2015 ini, kepemilikan saham mayoritas sekaligus pengendali sebesar 95 persen oleh Pemprov DKI Jakarta dan sisanya sebesar 5 persen oleh PD Pasar Jaya.

“Dengan modal tersebut, Jamkrida bisa menjamin kredit atau pembiayaan maksimal Rp 1 triliun untuk UMKMK produktif,” katanya.

Selain itu, akan terdapat pula 40.000 UKM yang dijamin atau akan ada 1.200 tenaga kerja yang terserap di DKI. Ia pun berharap, pihaknya bisa bersinergi dengan Bank DKI untuk menyalurkan kredit kepada koperasi dan UKM di Jakarta.

“Selain itu juga dengan BUMD-BUMD di DKI sehingga bisa mempercepat pertumbuhan koperasi dan UKM di DKI,” katanya.

Kepala Eksekutif Industri Pengelolaan Non-Bank, Otoritas Jakarta Keuangan, Firdaus Jaelani berharap, dengan diresmikannya PT Jamkrida Jakarta bisa lebih memberdayakan UKM di DKI agar perekonomian Ibu Kota bisa berkembang dan maju.

“Karena UKM ini harapan dan tumpuan untuk perekonomian nasional. Jamkrida DKI juga diharapkan bisa menjadi contoh bagi provinsi lainnya,” katanya.

Pada kesempatan itu, dilaksanakan juga penandatanganan kerja sama antara PT Jamkrida Jakarta dengan Bank DKI, PD Pasar Jaya, serta Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) DKI Jakarta, yang disaksikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. [Suara Pembaruan/Beritasatu.com]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here