Menlu Lituania Ketemu Ahok, Bahas Panel Surya di Sekolah

1
56

Ahok – Menteri Luar Negeri Lituania Linas Linkevicius pagi ini menyambangi Balai Kota Jakarta untuk bertemu Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Mereka membicarakan hubungan diplomatik serta potensi bisnis kedua negara.

“Kami mendiskusikan potensi bisnis pada berbagai sektor, seperti energi terbarukan dan aviasi. Inilah maksud kami untuk mempererat hubungan agar lebih berorientasi pada masa depan,” kata Linkevicius saat ditemui di Balai Kota, Kamis, 27 Agustus 2015.

Linkevicius akan menandatangani tiga perjanjian malam ini dengan Menteri Luar Negeri Retno L.P. Marsudi. Perjanjian tersebut antara lain memuat soal hubungan kedua negara dan teknis kerja sama ekonomi.

“Lituania sangat berkembang pada bidang teknologi. Kami juga bagian dari Uni Eropa. Uni Eropa adalah investor utama Indonesia. Perjanjian ini akan menguatkan hubungan Uni Eropa dengan Indonesia,” ujar Linkevicius.

Ahok menjelaskan bahwa maksud kedatangan Menlu Lituania adalah membuka kantor perwakilan Asia. Lituania akan membuka kantor di Kuala Lumpur, Malaysia. Namun Ahok meyakinkan bahwa Jakarta adalah tempat yang lebih baik. “Jakarta kan markas Asia Tenggara. Kalau dia mau lumayan, kan,” tutur Ahok.

Ahok menjelaskan bahwa Lituania menawarkan rencana bisnis pada bidang energi. Lituania terkenal dengan teknologi solar cell (panel surya) berkapasitas besar. “Dia mau pinjam sekolah-sekolah kita untuk pasang solar cell. Dia investasi, nanti jual listrik ke PLN, duitnya dikasih ke kita.”

Dalam pertemuan itu, Linkevicius juga mengundang Ahok bertandang ke Lituania. “Iya, nanti saya kapan-kapan main ke Lituania. Kamu buka kantor perwakilan, dong, di sini,” ucap Ahok. [Tempo.co]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here