Jakarta Diguyur Hujan, Basuki Langsung Evaluasi

1
56

Ahok – Pada Senin (2/10) malam, hampir seluruh wilayah Jakarta diguyur hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. Sudah sejak jauh-jauh hari Pemprov DKI Jakarta melakukan persiapan antisipasi banjir apabila turun hujan seperti itu.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama langsung mengevaluasi sejumlah wilayah dengan turunnya hujan semalam. Termasuk juga instruksi untuk memperbaiki pompa-pompa yang rusak.

“Minimal genangan cepat surut, ada beberapa lokasi. Jadi hujan semalam bagus, kami langsung evaluasi. Misalnya di Kebon Kacang itu, termasuk beberapa tempat di Jakarta Utara banyak sekali trotoar bohongan sehingga tali air sebetulnya semen, cuma kelihatan ada lubang 10-20 cm, jadi air tidak bisa mengalir,” ujar Basuki di Balai Kota, Selasa (3/10).

Hujan semalam juga menyebabkan terjadinya genangan di beberapa wilayah, salah satunya adalah kawasan Arjuna Selatan yang genangannya masih tinggi.

“Makanya saya lagi kejar salahnya dimana, apa airnya naik atau memang tali air belum terhubung. Misalnya seperti di daerah Tambora, Jakarta Barat segala macam banyak tali air ditutupi rumah, makanya terus bongkar,” katanya.

Namun, kata Basuki, pembongkaran pun tidak bisa dilakukan cepat mengingat keterbatasan alat berat karena tidak setiap kelurahan memiliki alat berat.

Hujan yang terjadi semalam merupakan hujan pertama kalinya di Jakarta sejak musim kemarau panjang terjadi di tahun 2015 ini. Dari pantauan Suara Pembaruan, dalam beberapa bulan terakhir pekerjaan antisipasi banjir untuk hadapi musim hujan ini juga sudah dilakukan. Salah satunya adalah pengerukan di kali-kali oleh berat serta perbaikan drainase di bawah trotoar juga terus dilakukan. [SP.Beritasatu.com]

1 COMMENT

  1. Menjadi perhatian dinas kebersihan+dinas PU terkait di kecamatan” yg di trotoar dan salurannya kelewat kecil, sehingga air tdk lancar…ini tanggung jawabnya Walkot qq Camat qq Lurah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here