Perluas RTH, DKI Anggarkan Triliunan Rupiah

0
50

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengaku telah menganggarkan triliunan rupiah untuk pembelian lahan. Rencananya lahan yang dibeli untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH). Pasalnya hingga saat ini jumlah RTH di Ibukota belum mencapai target.

“Kami terus beli taman dan terus beli lahan termasuk yang untuk ruang terbuka hijau. Kami anggarkan triliunan untuk beli lahan terbuka hijau itu,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (5/1).

Selain itu, lahan yang dibeli juga untuk membuat ruang terbuka biru (RTB) seperti waduk dan embung. Namun dalam pembelian lahan, masih banyak kendala. Seperti tahun lalu, beberapa rencana pembelian lahan gagal.

“Kemarin itu ada beberapa kali beli gagal, karena ada yang gugat. Ada yang suratnya enggak beres. Tapi dengan pengalaman itu tahun ini bisa lebih banyak,” ujar Basuki.

Berdasarkan data yang ada RTH di Ibukota baru mencapai sekitar 9 persen. Sesuai aturan, sebuah daerah harus memenuhi target hingga 30 persen dari luas wilayahnya. Jumlah tersebut merupakan lahan publik dan privat. Sehingga pihak swasta juga diminta untuk terus menambah RTH. [Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here