Ahok Utamakan Tiga Kota Ini Jadi Perluasan Rute Transjakarta

3
97

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memprioritaskan tiga kota mitra sebagai perluasan rute transjakarta. 

“Kami utamakan (perluasan rute transjakarta) ke Tangerang, Bekasi, dan Depok dulu,” kata Basuki, di Balai Kota, Jumat (8/1/2016).

Setelah itu, barulah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memperpanjang rute transjakarta hingga Bogor dan Cianjur.

Intinya, Basuki menginginkan warga mulai meninggalkan kendaraan pribadi mereka. Kemudian warga-warga yang tinggal di kota mitra lebih memilih menggunakan transjakarta menuju tempat kerjanya di Jakarta.

“Kami pengin orang yang naik kendaraan pribadi merasa naik bus lebih murah, lebih aman, lebih nyaman. Itu saja. Kalau enggak kan, 3 juta kendaraan masuk Jakarta tiap pagi,” kata Basuki.

Bus transjakarta yang bertarif Rp 3.500 ini nantinya akan melayani wilayah lain, bahkan sampai Cianjur, Jawa Barat.

Keputusan itu tertuang dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi-Cianjur (Jabodetabekjur), Rabu (6/1/2016) lalu.

Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah menyatakan, kesiapannya untuk memberikan public service obligation (PSO) untuk pelayanan hingga ke daerah.

Meski demikian, seluruh transportasi itu tetap di bawah kendali PT Transjakarta.

“Apalagi BKSP ini berfungsi mempermudah segala birokrasi. Yang terpenting kebutuhan masyarakat bisa terlayani dengan baik,” kata Andri.[Kompas.com]

3 COMMENTS

  1. Truk2 Barang, Container dilarang masuk kota pak, boleh nya mulai jam 22.00 saja, ini sore2 jam pulang kerja atau berangkat, suka macet juga karena truk2 besar.

  2. Pak Ahok, bereskan Jakarta dulu, baru ke Jabodetabek. Bus2 bantuan dari Kemenhub boleh utk rute Jabodetabek, yang dr APBD/PT Transjakarta cukupkan kebutuhan DKI dulu. Ahok sekali sekali turun kelapangan utk menyaksikan kekurangan bus yang terlhat lamanya waktu tunggu/panjangnya antrian di halte2.

  3. planing jalanannya,rutenya,tempat kumpul org dimana,tempat yg macet mana.
    lalu ditempat ngumpul siapin gedung parkir skaligus terminal bus.jadi pada dari ruma parkir ke parkiran terminal.lalu naek bus ke tujuan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here