DKI akan Siapkan Boks Kabel Bawah Tanah Supaya Tak Ganggu Saluran Air

0
39

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) masih kesal dengan banyaknya kabel yang mengisi gorong-gorong. Akibatnya jalanan mudah tergenang jika Jakarta hujan deras.

“Ada Telkom, PLN, gas dan lain-lain. Itu isi got, kabel bapak semua. Jadi jangan marahin saya,” kata Ahok di Balaikota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Kamis (11/2/2016).

Oleh karena itu pihaknya akan menyiapkan box yang dimasukkan ke dalam gorong-gorong. Boks itu akan menyambungkan ke jaringan utilitas yang berisi kabel-kabel milik berbagai perusahaan.

Selama ini, banyak perusahaan yang bandel memasukkan kabel ke saluran yang sama dengan saluran air. Padahal seharusnya penempatan keduanya terpisah.

“Format baru, kami mulai ngerti. Kami menyiapkan boks, kami gali, bor dan turunkan (boks),” kata Ahok.

Sehingga nantinya jika ada perusahaan yang hendak memasukkan kabel ke dalam galian, tak perlu lagi membongkar tanah dan merusak saluran air. Dengan demikian, trotoar tidak lagi dirusak untuk menanam kabel.

“Jadi bapak ibu jangan bongkar trotoar kami lagi nanti. Tinggal buka aja, bor. Jangan rusak trotoar DKI lagi nanti,” ujarnya.

Ahok mengaku akan segera memasukkan rencana pembelian boks ke Lembaga Kebijakan Pengadan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP). Sehingga rencana tersebut segera terealisasi.

“Nanti sore saya ke LKPP untuk masukkan ke e-katalog,” tuturnya. [Detik.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here