Ini Fokus Penangan Banjir di DKI

2
64

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan fokus penanganan banjir kali ini yakni membuat samua saluran air terhubung. Karena konsep banjir adalah membagi rata air ke semua saluran yang ada. Selain itu, semua saluran harus bersih dari sampah.

“Fokusnya harus buat saluran penghubung saling terhubung. Nggak boleh ada sampah. Itu saja kuncinya,” ujar Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/2).

Beberapas saluran air sudah dibersihkan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Sementara itu, Dinas Tata Air menyelesaikan saluran air yang bersinggungan dengan jalan. “Semua terus kami gali. Termasuk crossing jalan,” katanya.

Basuki juga meminta agar Dinas Tata Air DKI untuk menyiagakan seluruh pompa yang ada di Ibukota. Sebab beberapa daerah di Jakarta berbentuk seperti mangkok. Sehingga membutuhkan pompa untuk menghilangkan banjir.

“Pompa semua harus hidup. Yang daerah bawah harus disiagakan (pompa),” ucapnya.

Sementara untuk jangka panjang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan segera membangun tanggul di pantai utara. Sebab banjir juga seringkali disebabkan oleh rob. Mengingat permukaan tanah di Jakarta berada di bawah laut. [Beritajakarta]

Pembangunan Tanggul Pantai Utara Dimulai April

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membangun tanggul di utara Jakarta untuk mencegah banjir rob. Rencananya pembangunan akan dimulai April mendatang.

“Tanggul kami mulai groundbreaking April besok. Sekarang lagi lelang ini,” ujar Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (26/2).

Tanggul yang akan dibangun memiliki ketinggian 3,8 meter, dengan panjang 2,8 kilometer mulai dari Cilincing hingga Tanjung Priok. Tanggul yang dibangun sekaligus untuk jalan mobil dengan lebar 20 meter.

“Kami akan bangun (tanggul) setinggi 3,8 meter sepanjang 2,8 kilometer dari Cilincing ke Tanjung Priok. Itu juga mesti bikin waduk dan pompa,” katanya.

Basuki mengatakan, karena tanggul belum dibangun maka beberapa daerah di kawasan Jakarta Utara masih tergenang. Terlebih saat hujan berbarengan dengan rob. Ditargetkan pada 2017 mendatang tangguil bisa selesai dibangun.

“Enggak panjang, pertengahan 2017 bisa selesai. Kami memang belum selesai yang Kali Sentiong. Jadi kali juga mesti ditutupin, supaya air laut nggak masuk,” tandasnya. [Beritajakarta]

 

 

2 COMMENTS

  1. Pak Gubernur, tgl 26 Feb kemarin malam jalan tanjung duren banjir dalam lagi. Dan macet total. Setelah saya cek ternyata mesin pompa yang di sediakan tidak berfungsi.. Lebih tepatnya tidak ada yang mengoperasikan mesin Pompa yang sudah disediakan. Saat banjir saya foto tkp mesin pompa tsbt untuk sebagai bukti. No mesin Pompa IBB-MODIS-MP05
    Sangat disayangkan mesin pompa yang disediakan oleh pemprov DKI disia2kan oleh..??? Atau sengaja disia2kan oleh..??? Salam Sukses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here