Ahok Akan Tempel Stiker di Taksi Online: Kamu Juga Mesti Bayar Pajak!

2
88

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sedang menyiapkan solusi bagi taksi berbasis aplikasi seperti Grab dan Uber. Ia akan menempelkan stiker di taksi online untuk membedakan dengan kendaraan pribadi.

“Dengan sistem seperti ini kita minta dia tempel (stiker khusus) dong,” kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (13/3/2016).

Di negara lain, lanjut Ahok, transportasi berbasis aplikasi mendapatkan izin resmi dari pemerintah setempat. Namun mereka menempeli kendaraan dengan stiker khusus dan tetap membayar pajak kepada pemerintah.

“Kategori apa? Plat kuning, berarti kamu mobil rental. Kamu rental ya mesti bayar pajak juga. Mesti tempel (stiker khusus),” ucap Ahok.

Dengan penempelan stiker tersebut, Pemprov DKI Jakarta dapat memungut pajak taksi online. Namun Ahok mengakui, pengawasan untuk pemungutan pajak tidaklah mudah.

“Kita sudah ngelarang beberapa kali kok (taksi berbasis aplikasi yang tidak bayar pajak). Tapi kalau kamu Grab-Grab gimana. Kayak kita bilang ada prostitusi online gimana nangkapnya,” kata Ahok.

Namun terkait tuntutan sopir taksi yang berdemo meminta agar taksi berbasis aplikasi ditutup, Ahok mengaku tak dapat mengabulkannya. Sebab hal ini merupakan kewenangan Kemenkominfo.

Di sisi lain, Ahok menilai tak ada yang salah dengan sistem online yang diterapkan oleh taksi berbasis aplikasi. Sebab sesuai perkembangan zaman, sistem online memang menjadi kebutuhan.

“Ini sudah zamannya kok. Sama kayak kamu WhatsApp atau BBM boleh enggak? Masak mau balik harus ke kantor pos,” terang Ahok. [Detik.com]

2 COMMENTS

  1. Begini pak Ahok

    Kualitas Uber masih jauh lebih bagus daripada kualitas Taksi di DKI.

    1) Kualitas Mobil Uber jauh lebih bagus
    2) Harga Uber jauh lebih murah
    3) Kualitas Sopir Uber jauh lebih bagus
    4) Pelayanan Uber kepada customer jauh lebih bagus
    5) Citra Uber jauh lebih positif di mata masyarakat dibandingkan dengan citra Taksi

    Kalo bisa pak Ahok naik dulu lah Uber lalu pak Ahok naik taksi kemudian pak Ahok bandingkan kesannya.

    Solusi :
    1) Pak Ahok minta agar semua perusahaan Taksi untuk meningkatkan kualitas mobil Taksi secara signifikan setara dengan kualitas mobil Uber agar Taksi mendapat citra positif di masyarakat
    2) Pak Ahok minta agar semua perusahaan Taksi untuk meningkatkan kualitas sopir Taksi secara signifikan setara dengan kualitas sopir mobil Uber agar Taksi mendapat citra positif di masyarakat
    3) Pak Ahok minta agar semua perusahaan Taksi untuk menurunkan harga naik Taksi secara signifikan setara dengan harga naik mobil Uber agar Taksi mendapat citra positif di masyarakat
    4) Pak Ahok minta agar semua perusahaan Taksi untuk meningkatkan kualitas pelayanan Taksi kepada konsumen secara signifikan setara dengan kualitas pelayanan Uber kepada konsumen agar Taksi mendapat citra positif di masyarakat
    ————————-

    Intinya adalah :
    ================
    Kalo kualitas mobil Taksi, kualitas sopir Taksi, kualitas pelayanan Taksi dan harga orang naik Taksi secara signifikan jauh lebih baik daripada Uber otomatis masyarakat DKI akan pilih naik Taksi daripada naik mobil Uber

  2. Saran saya mau bersaing silakan tapi harus “FAIR”, kalo taksi aplikasi mau beroperasi harus bayar pajak dan urus izin seperti taksi lainnya soal pelayanan atau kemudahan ke konsumen silakan aja bersaing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here