DKI Tetap Pertahankan Pasar Heksagonal

4
90

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, akan tetap mempertahankan Pasar Heksagonal, Jakarta Utara. Sehingga warga tetap bisa berdagang di kawasan itu. Bangunan yang ditertibkan di kawasan Pasar Ikan hanya yang berdiri di atas lahan negara.

“Lagi pula Pasar Heksagonal tetap saya pertahankan, jadi orang tetap bisa berdagang,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (11/4).

Menurut Basuki, PD Pasar Jaya memiliki sertifikat atas kepemilikan lahan di pasar itu. Sehingga PD Pasar Jaya memiliki kewenangan penuh atas lahan. “Ini tanah punya siapa? sertifikat pasar punya PD Pasar Jaya. Kalau kamu tinggal di laut, itu dari mana dapat sertifikat? Saya sudah katakan, kalau rusun siap, kami akan pindahin,” ujarnya.

Basuki memastikan warga yang ditertibkan langsung direlokasi ke rumah susun (rusun) yang telah disediakan. Relokasi ini juga untuk menghindarkan penularan TBC. Mengingat Jakarta merupakan tertinggi kedua penderita TBC di dunia.

“TBC penyebarannya tertinggi nomor dua di dunia. Apakah tidak melanggar HAM dengan anak-anak tertular TBC? Satu orang bisa menular 10 orang,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan penertiban di kawasan Pasar Ikan, Senin (11/4). Warga telah direlokasi ke beberapa rusun yang telah disiapkan, seperti Rusun Rawa Bebek. [Beritajakarta]

4 COMMENTS

  1. untuk minimasi penyebaran TBC, pakai ionizer (negative ion) di rusun. bakteri terikat oleh ion negative sehingga jatuh ke tanah. hasil studi dengan babi sebagai percobaan, mengurangi 50-60% penularan dan infeksi.

  2. CONCLUSIONS: Upper-room UV lights and negative air ionization each prevented most airborne TB transmission detectable by guinea pig air sampling. Provided there is adequate mixing of room air, upper-room UV light is an effective, low-cost intervention for use in TB infection control in high-risk clinical settings. source: (www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/19296717/)

  3. kalau negative ion generator tipe USB beli di ebay, harga ada yang cuma $2.5 (30 ribuan), kenapa murah? karena memang rangkaiannya sederhana. buat sendiri juga bisa kalau mengerti elektro. ini design home made: (m.instructables.com/id/How-to-Make-a-Negative-Ion-air-ionizer/), satu lagi: (www.homemade-circuits.com/2012/08/make-room-air-ionizer-circuit-ge.html)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here