Ahok Ibaratkan Pengembang Bayar Kontribusi di DKI Sebagai ‘Palang Pintu’

1
85

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) mewajibkan semua pengembang yang hendak mempercantik bangunannya dengan membayar kontribusi. Ahok mengibaratkan hal itu seperti sistem ‘Palang Pintu’ dalam kebudayaan Betawi.

“Orang mau minta izin masuk ke Balai Kota boleh tapi ada syaratnya kontribusi. Kalau mau naikkin bangunan ke atas, bayar bos. Mau ngeruk laut DKI boleh, kontribusi 15 persen NJOP bos. Kita dorong wajib membayar selesaikan trotoar untuk ducting,” ujar Ahok.

Hal itu disampaikannya saat memberi sambutan acara ‘Pencanangan HUT ke-489 Kota Jakarta’ di Setu Babakan, Jl Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (28/5/2016). Hadir dalam acara ini Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Sekda DKI Saefullah, lima wali kota Jakarta beserta bupati Kepulauan Seribu dan sejumlah pejabat Pemprov lainnya.

“Ini budaya palang pintu, kalau mau masuk (DKI Jakarta) sodorin dulu kontribusi,” tegasnya.

Ahok mencontohkan, salah satu kontribusi yang dicanangkannya. Yaitu membuat ruang pariwisata di Monas ke bawah tanah.

“Bayangkan Monas kalau kita gali ke bawah satu lantai saja 50 hektar, langsung dapat tanahnya 500 ribu meter persegi. Kalau 2 lantai, 1 juta meter per segi,” kata Ahok.

“Tahun depan kita harapkan semua lampu ganti LED. Mesti terang. Monas harus punya toilet seperti di mal, pakai AC. Toilet bus saja pakai AC sekarang. Kami ingin toilet bersih, ada penjaga dan dilap kering. Duit DKI saya ingin tiap hari ada koperasi pasar. Ini baru namanya Jakarta maju, maju melayani juga,” imbuhnya.

Ahok mengatakan, segala pemasukan ataupun kontribusi yang diberikan kepada DKI akan dikembalikannya kepada warga. Salah satunya melalui pelayanan dan fasilitas.

“Kontribusi ini akan membuat semua pajak yang kita dapat kami kembalikan untuk melayani. Nanti akan banyak bus yang tidak bayar. Tahun ini kami coba PBB,” tutup Ahok. [Detik.com]

1 COMMENT

  1. OmSak ijin ini mau berberita itu ada rapat penting 2h lebih tanggal 26 Mei, Rapat Anggaran Prioritas TA2017,tidak bisa dibuka di akun pemprov. Sering terjadi seperti ini ya itu adminnya bagaimana. Di youtube juga tidak bisa dicari tetapi ada di TyoJB dan setiap 10’ada pariwara. Di Tyo ini gambarnya tidak jelas jadi tidak bisa ikut membaca graphic yang ditayangkan.
    Wish you a great new week, thank you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here