Warga Bisa Pantau Harga Pangan Lewat IPJ

0
65

Ahok – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meluncurkan aplikasi Info Pangan Jakarta (IPJ). Melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa mengetahui harga pangan berbagai komoditas yang ada di Ibukota setiap hari.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dengan adanya transparansi harga bahan pangan maka akan terjadi kestabilan harga yang akan mengurangi potensi gejolak perekonomian di daerah.

“Jadi warga bisa lihat perkembangan harga setiap harinya,” kata Basuki di Golf Driving Range, Senayan, Kamis (2/6).

Harga pangan yang dipantau difokuskan pada 34 komoditas utama di 12 pasar yang tersebar di Jakarta. Aplikasi IPJ disusun dengan tujuan untuk mengurangi akumulasi dari ekspektasi negatif masyarakat akibat adanya informasi yang kurang seimbang yang berpotensi menimbulkan gejolak harga.

“Kurangnya informasi yang ada dimasyaakat dikhawatirkan dapat memengaruhi stabilitas ekonomi makro,” ujarnya.

Aplikasi IPJ dapat diakses melalui http://infopangan.jakarta.go.id/, sms gateway dan mobile application yang dapat diunduh di google play bagi pengguna android dan app store bagi pengguna iOS dengan keyword Info Pangan Jakarta.

Dia menambahkan dalam aplikasi ini ditambahkan fitur early warning system. Fitur tersebut membantu para pengambil kebijakan dalam rangka memonitoring perkembangan harga. Selain itu jika terjadi lonjakan harga yang signifikan bisa segera direspons.

“Cakupan pasar yang disurvei dalam Info Pangan Jakarta juga telah ditingkatkan menjadi 44 pasar,” tandasnya. [Beritajakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here