Pejabat Eselon I Diperbolehkan Dari Luar PNS

1
91

Ahok -Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan lelang untuk jabatan eselon I dari swasta memang sudah diperbolehkan. Namun tetap harus seizin dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Kalau untuk eselon I memang sudah buka dari dulu. Asal izin presiden. Kamu pun (wartawan) boleh ikut lelang jabatan eselon I,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/7).

Menurut Basuki, saat ini lelang jabatan untuk swasta baru dibuka untuk eselon I saja. Sementara untuk jabatan lainnya masih menunggu aturan berikutnya. “Nah yang eselon II, III, dan IV kan belum ada PP-nya, jadi memang belum bisa,” ujarnya.

Namun lanjut Basuki, meski dibuka untuk umum, belum tentu bisa lolos. Karena ada juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berprestasi dan memiliki kinerja baik. Mereka tetap harus bersaing secara sehat, dengan berbagai tes yang diadakan.

“Seleksi terbuka ginilah, tentu yang bisa lolos perguruan tinggi negeri belum tentu semua orang lulus juga kan. Yang masuk TNI Polri juga bisa ada yang gagal,” ucapnya.

Tetapi dengan adanya seleksi secara terbuka seperti ini, pejabat yang terpilih kualitasnya sudah teruji. Selain itu juga, bagi swasta yang terpilih maka akan ada perjanjian kontrak. “Kalau dia macam-macam langsung putus, selesai,” tandasnya.  [Beritajakarta]

1 COMMENT

  1. Di DKI Jakarta ada pengawai NON PNS (pegawai BLUD). Tetapi selama ini hanya PNS saja yang diberikan kesempatan memegang jabatan. Padahal mereka PEGAWAI PEMDA DKI JAKARTA juga… malah banyak yang pintar2 dan bagus kinerjanya…! Buktikan kalau kalau memang benar itu, Pak… Data pegawai pemda DKI Jakarta yang NON PNS (BLUD..!) dan ikut sertakan mereka dilelang jabatan…!! Kinerja PNS yang selama ini bapak tes masih belum mumpuni… bongkar pasang melulu. Setuju banget eselon I dari NON PNS… mereka lebih kompetitif dan bermental swasta (bukan birokrat)… Salut kalau bapak memulai kebijakan seperti ini…!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here