FAQ Program Magang Kantor Gubernur DKI Jakarta

0
98

1. Tentang Program Magang

-Apa itu program magang di Kantor Gubernur?

Program magang di Kantor Gubernur adalah program yang dimulai oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama sejak pertama menjabat sebagai Wakil Gubernur. Sejak awal 2013, sudah lebih dari 100 orang yang mengikuti program magang kami, mulai dari pelajar SMA, S1, S2, S3, hingga profesional muda dari berbagai latar belakang keahlian dan ilmu pendidikan. Inisiatif ini diambil oleh Gubernur dalam rangka mempersiapkan generasi muda untuk mengambil peran aktif dan positif dalam memajukan masyarakat.

-Apa yang akan saya dapat kerjakan dalam program magang ini?

Peserta magang memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan-kegiatan Gubernur dan dapat membantu menganalisa area kebijakan dan program unggulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, seperti di bidang kesehatan, pendidikan, anggaran, dan lainnya.

-Apa saja yang pernah dikerjakan peserta magang sebelumnya?

Saat ini peserta magang periode Oktober – Desember 2015 sedang mengerjakan kajian Pendidikan, BUMD, Anggaran, Pengaduan Masyarakat, Penanggulangan Banjir, Smart City, Transportasi, dan Perencanaan. Dalam menganalisa dan memberi rekomendasi, mereka berinteraksi langsung dengan pengambil kebijakan terkait dan juga dengan Gubernur DKI Jakarta.

-Apa kriteria utama peserta magang yang dicari di Kantor Gubernur?

Kami mencari peserta magang yang memiliki motivasi tinggi untuk membantu pengawasan dan percepatan program unggulan pemerintah. Mengingat beban kerja yang tinggi, kami mengharapkan peserta magang untuk dapat mandiri dalam bekerja. Peserta magang tidaklah wajib memiliki pengalaman kerja, namun pengalaman berorganisasi atau bekerja di tempat lain akan menjadi bahan tambahan dalam evaluasi Tim Seleksi.

-Saya masih mengambil kelas kuliah, apa mungkin bagi saya untuk magang?

Kami memahami jika pendaftar perlu mengambil kelas kuliah. Namun, karena tuntutan program magang ini cukup besar, ekspektasi kami adalah peserta magang dapat mengalokasikan waktu yang signifikan. Kami dapat memberikan kelonggaran bagi peserta yang sedang mengerjakan skripsi/tesis atau yang mengambil sedikit mata kuliah agar dapat meluangkan lebih banyak waktu untuk magang. Peserta magang tidak diwajibkan hadir setiap hari di kantor jika memang ada keperluan kuliah, selama tugas magang tidak terbengkalai.

-Apakah jurusan saya harus sesuai dengan area program yang ingin saya kerjakan?

Kami menerima pendaftar dari bidang apapun juga. Kami yakin latar belakang yang beragam dapat memberikan nilai tambah dan perspektif yang berbeda dalam perencanaan dan pelaksanaan program unggulan Pemprov DKI Jakarta.

-Saya sudah memiliki pekerjaan profesional, adakah peluang bagi saya untuk magang?

Ya, kami menerima profesional muda untuk bekerja di kantor kami secara pro bono. Contohnya, sejauh ini sudah ada beberapa profesional muda dengan gelar MBA yang bekerja di kantor konsultan internasional yang memutuskan mengambil cuti selama tiga bulan untuk mengabdi di kantor kami.

-Adakah batas usia dalam mendaftar di program magang ini?

Batas usia pendaftaran adalah usia 19-35 tahun. Kami menilai aplikasi secara utuh, di mana pengalaman, ilmu, pencapaian, dan potensi berkembang pendaftar akan dievaluasi secara keseluruhan sehingga pendaftar dengan usia lebih muda ataupun lebih tua tetap mendapatkan penilaian komparatif yang kami lakukan seobyektif mungkin.

-Seberapa selektifkah program magang ini?

Di periode magang kali ini, kami berencana menerima sekitar 30 peserta. Sebagai perbandingan, terdapat lebih dari 3000 pendaftar untuk periode magang sebelumnya.

-Apakah saya dapat belajar langsung dari Gubernur di dalam program magang ini?

Ya, program magang ini berada di bawah pengawasan langsung Gubernur. Peserta dapat mengikuti kegiatan-kegiatan Gubernur, rapat dan acara, dan juga berinteraksi langsung dengan Gubernur.

-Dapatkan saya mengerjakan lebih dari satu area program/kebijakan?

Peserta magang dapat mengerjakan lebih dari satu area program/kebijakan. Namun, peserta magang harus memiliki satu program utama yang diprioritaskan untuk dapat dikerjakan dalam kurun waktu tiga bulan.

-Apakah ada honor yang akan saya dapatkan di dalam program magang ini?

Program magang kami tidak menyiapkan honor bagi peserta, baik mahasiswa atau pun profesional. Peserta dari kalangan profesional diharapkan mengikuti program ini secara pro bono. Namun, kami menyiapkan uang transport bulanan secukupnya. Dalam situasi tertentu, kami juga akan membantu memfasilitasi peserta yang datang dari daerah.

  •  Untuk domisili Jakarta RP. 1.000.000
  • Untuk domisili Bogor, Bekasi, Depok, Tangerang Rp. 1.500.000
  • Untuk diluar Jabodetabek RP. 2.000.000 dan subsidi RP 1.000.000 untuk akomodasi tempat tinggal.

-Saya berdomisili di luar Jakarta, apakah memungkinkan bagi saya untuk mengikuti program magang di Kantor Gubernur DKI Jakarta?

Program magang ini dibuka untuk pelajar dan profesional muda Indonesia pada umumnya. Peserta magang yang sudah pernah kami terima banyak yang berasal dari luar Jakarta, mulai dari Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Makassar, Kabupaten Batang, Kabupaten Tapanuli Utara, dan lainnya.

-Apakah ada akomodasi bagi peserta yang datang dari luar Jakarta?

Adalah harapan kami bahwa peserta magang dapat berasal dari seluruh Indonesia. Kami memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi pendaftar dari luar Jakarta. Kami tidak secara khusus menyiapkan akomodasi bagi peserta yang datang dari luar Jakarta, namun dalam kasus tertentu kami akan membantu peserta magang mendapatkan akomodasi melalui subsidi terbatas.

2. Proses Pendaftaran

-Kapan batas waktu saya harus mengirimkan aplikasi saya?

Masa pendaftaran untuk periode ini akan ditutup pada 6 Agustus 2016. Kami menyarankan agar peminat dapat mendaftar seawal mungkin. Aplikasi akan dievaluasi berdasarkan waktu masuk dan pengumuman individual mungkin untuk diberikan lebih awal. Peminat yang mendaftar lebih awal akan lebih diuntungkan dalam tahap evaluasi.

-Tahapan apa saja yang ada dalam proses pendaftaran magang?

Seleksi program magang terdiri dari dua tahap, yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara.

-Bagaimana baiknya saya mempersiapkan essay saya?

Essay yang diwajibkan tidak boleh melebihi 750 kata. Pendaftar bebas memilih topik, namun diharapkan dapat membahas antara motivasi mengikuti program ini, rekomendasi kebijakan, atau ulasan terhadap salah satu program unggulan Pemprov DKI Jakarta. Melalui Essay ini, Tim Seleksi akan dapat melihat karakter dan cara berpikir dari pendaftar.

-Apa maksudnya transkrip dan surat rekomendasi sebagai persyaratan opsional?

Agar aplikasi pendaftar dinyatakan lengkap, pendaftar harus menyiapkan Resume/CV, Cover Letter, dan Essay. Namun, jika pendaftar ingin memperkuat aplikasi mereka agar lebih meyakinkan dalam proses seleksi, maka pendaftar diberi kesempatan untuk menyertakan dokumen tambahan seperti transkrip nilai dan surat rekomendasi. Kedua hal ini juga dapat membantu Tim Seleksi mengetahui lebih dalam latar belakang dan juga area keahlian dari pendaftar.

-Siapa yang dapat menuliskan rekomendasi untuk saya? Dan berapa banyak surat rekomendasi yang diperlukan?

Pemberi rekomendasi pada umumnya adalah orang yang pendaftar yakini dapat memberikan pendapat obyektif terhadap motivasi, visi, dan cara kerja dari pendaftar. Idealnya, pemberi rekomendasi adalah seorang dosen atau pembimbing dalam konteks profesional, akademis, atau dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Kami menerima hingga maksimum tiga surat rekomendasi.

-Bagaimana saya akan mendapatkan notifikasi dari Kantor Gubernur terkait progres aplikasi saya?

Segala pengumuman resmi akan dikirimkan oleh salah satu staf kami melalui email. Akan ada email konfirmasi kelengkapan material pendaftaran, pengumuman hasil seleksi administrasi, pengumuman hasil seleksi wawancara, dan email mengenai orientasi dan informasi bagi yang lolos tahap wawancara. Dikarenakan volume pendaftaran yang sangat besar, mohon kesabarannya dalam menunggu balasan terhadap email ataupun pengumuman seleksi di setiap tahapannya.

-Saya masih memiliki beberapa pertanyaan spesifik, bagaimana cara saya mendapatkan jawaban untuk pertanyaan lainnya?

Anda dapat menghubungi staf kami yang bertanggung jawab menjalankan program magang ini, Putri Dwiyanti, melalui email ke [email protected] atau 0813 1940 915 (SMS).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here