Dalam Kondisi Darurat, Warga Bisa Telepon Call Center Ambulans

0
61

Ahok – Gubernur DKI Basuki T Purnama berharap kejadian seperti Aminah yang dibawa naik angkot ke Puskesmas Ciracas saat hendak melahirkan, tidak terulang lagi. Ahok mengingatkan bahwa masyarakat yang dalam kondisi darurat bisa menghubungi 119 untuk menggunakan ambulans.

“Dia enggak telepon (call center Ambulans Gawat Darurat). Masyarakat jika langsung telepon, cepat (dikirim ambulans),” kata Basuki T Purnama saat ditanya wartawan di Kantor Dinas Kesehatan, Jl Kesehatan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2016).

Ia mengatakan jika keluarga Aminah menelepon call center AGD tersebut, pihak Dinas Kesehatan bisa langsung menindaklanjuti.

Ahok juga menjelaskan jika kondisi darurat, warga bisa langsung ke rumah sakit tanpa membawa surat rujukan dari puskesmas.

“Enggak ada itu rujukan, itu salah informasi. Yang ada masyarakat dibawa langsung ke rumah sakit. Itu mesti ada sosialisasi,” sambungnya.

Pemprov DKI sedang menyempurnakan sistem call center 112 untuk seluruh pengaduan masyarakat mulai dari bencana, kebakaran dan ambulans.

“Kita juga lagi mau pindahin (ambulans gawat darurat) ke 112,” ucapnya.

Aminah yang hendak melahirkan dibawa ke Puskesmas Ciracas oleh warga dan keluarganya pada Kamis (21/7) dengan menggunakan angkot. Namun di tengah jalan kondisinya menurun. Karena kondisi darurat, dokter memberi pertolongan di dalam angkot. Namun kondisinya terus menurun sehingga Aminah dirujuk ke RS Pasar Rebo dengan menggunakan ambulans puskesmas. Di RS, kondisi Aminah tidak memungkinkan karena telah hilang kesadaran dan kejang-kejang. Aminah meninggal bersama bayi di kandungannya.[Detik.com]

 

Pelayanan Ambulan Gratis – Hotline 24 Jam : (62-21) 65303118

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here