Hanya Gedung yang Dilewati MRT dan LRT Bisa Naikan KLB

1
53

Ahok – Meskipun Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka kesempatan pengembang menaikan koefisien lantai bangunan (KLB), namun tidak semua gedung bisa diajukan. Hanya gedung yang dilintasi Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) saja.

“Cuma yang dilewati rel seperti MRT, LRT, jadi ada perda-nya (peraturan daerah),” kata Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (4/8) malam.

Menurut Basuki, jika lahan tidak termasuk dalam Teknik Pengaturan Zonasi (TPZ), maka ada zona bonus. Sehingga jika ada gedung yang tidak dilintasi oleh MRT maupun LRT meminta kenaikan KLB, tidak akan diberikan.

“Walaupun kamu mau bayar saya berapa pun nggak bisa loh. Jadi kamu gak bisa minta-minta, ‘eh gue mau naikin KLB’, ya nggak bisa. Itu KLB diberikan kalau memang dilewatin LRT, dilewatin MRT, baru boleh,” ujarnya

Basuki mengatakan, setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda mengenai pemberian kenaikan KLB ini. Di beberapa negara, bangunan yang dilintasi oleh rel aecara otomatis mendapatkan KLB maksimal. Namun karena Jakarta membutuhkan dana untuk menyelesaikan beberapa permasalahan maka, pihaknya meminta kompensasi.

“Nah sebetulnya kalau di luar negeri lagi yang paling benar, kalau kami sudah tentuin KLB 7. Misalnya ada rel kereta nih, MRT lewat, boleh 14, langsung dikasih 14. Cuma kami kan lagi butuh duit, supaya kami bisa dapat kontribusi bantu infrastruktur,” tandasnya. [BeritaJakarta]

1 COMMENT

  1. Di BeritaJakarta ada yang lebih konkret lagi dari ini, dituliskan 11 pengembang ajukan kenaikan KLB. Keren. Sungguh sebuah prestasi besar dari Gub untuk Jakarta semoga Pak Presiden juga membacanya! Tidak ada alasan untuk tidak memilih BTP untuk 2017 kedepan. Gub2 yang lalu sudah masuk kantong sendiri ada hal seperti ini. Semoga banyak yang membaca berita2 terkait, dan semoga Pak Presiden menyesal bicara soal 3,9T itu, shame on you RI1!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here