Peningkatan Fasilitas Umum DKI Ramah Penyandang Disabilitas

0
62
trotoar ramah disabilitas dikawasan Jl, Merdeka Selatan Jakarta

Ahok – Peningkatan fasilitas umum di DKI Jakarta akan mengakomodir kebutuhan penyandang disabilitas di Ibukota. Trotoar dan Bus Transjakarta pun sudah mulai menggunakan desain ramah disabilitas.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama ingin agar semua trotoar bisa ramah disabilitas. Salah satu trotoar yang sudah mengakomodir disabilitas yakni di trotoar sepanjang jalan depan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat.

“Kami ingin suatu wilayah itu ada trotoar yang baik, yang rata, yang ramah kepada penyandang disabilitas,” kata Basuki di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (23/9).

Trotoar di depan RSCM dilengkapi dengan protal berentuk huruf S. Portal tersebut bertujuan untuk menghalau kendaraan roda dua agar tidak melintas di atas trotoar. Namun karena berbentuk S, mana penyandang disabilitas yang menggunakan kursi roda tetap bisa melintas.

Trotoar juga akan dilengkapi dengan guide block untuk membantu penyandang tuna netra saat berjalan. Fasilitas yang disediakan bisa menunjang untuk semua jenis disabilitas.

“Busnya juga baru mau datang akhir tahun ini. Bus yang shockbreakernya bisa miring. Supaya kursi roda bisa mudah masuk bus,” tandasnya. [BeritaJakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here