Ahok Puji Tjokroaminoto yang Bisa Membedakan Urusan Agama dan Politik

1
58

Ahok – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memuji sosok pahlawan nasional Haji Oemar Said Tjokroaminoto. Ia menyebut Tjokroaminoto adalah orang yang taat, namun tetap bisa membedakan urusan politik dan agama.

Pernyataan itu disampaikannya usai mengadakan nonton film “Guru Bangsa: Tjokroaminoto” bersama dengan 100 pelajar SMP di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Jumat (7/10/2016). Pada kesempatan itu, ia menyampaikan harapan agar remaja dapat meneladani sosok Tjokroaminoto.

“Pemimpin kita pada masa lalu sudah bisa membedakan porsi agama dengan politik. Bisa kita lihat tadi begitu Islamnya, begitu taatnya Tjokroaminoto,” kata pria yang biasa disapa Ahok itu.

Ia kemudian mencontohkan saat Tjokroaminoto menggandeng warga keturunan China untuk sama-sama melawan pemerintah kolonial Belanda. Ia berharap semangat yang sama bisa terulang kembali pada masa kini.

“Kalau dulu lawannya Belanda, sekarang lawannya korupsi,” kata Ahok.

Pada kesempatan itu, turut hadir pula musikus Maia Estianty dan aktris senior Christine Hakim. [Kompas.com]

Basuki Ajak Pelajar SMP Nobar Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama kembali menyempatkan diri untuk nonton bareng (nobar) di sela-sela kesibukannya. Kali ini giliran para murid SMP dari berbagai wilayah di Ibukota yang diajak nobar film berjudul Guru Bangsa Tjokroaminoto.

“Kita ajak biar anak-anak SMP kenal sejarah. Karena sekarang anak SMP mulai lupa sejarah,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/10).

Kegiatan nobar ini rutin diadakan Basuki. Sebelumnya, petugas pemadam kebakaran, Pekerja Harian Lepas (PHL), hingga atlet ikut diajak nobar film Indonesia.

“Kalau anak SMA terlalu matang nonton film ini. Kalau anak SD, saya khawatir mereka kurang ngerti. Jadi kami pilih anak SMP,” ujarnya.

Film Guru Bangsa Tjokroaminoto sendiri menceritakan tentang kisah perjuangan dari Tjokroaminoto dalam melawan kebijakan-kebijakan yang diterapkan pemerintah Hindia Belanda di awal tahun 1900.

Fim ini dibintangi sederet aktor dan aktris papan atas tanah air seperti Reza Rahadian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Sujiwo Tedjo, Ibnu Jamil dan Egi Fedly. Film Guru Bangsa Tjokroaminoto dirilis pada tahun 2015. [BeritaJakarta]

 

1 COMMENT

  1. MULUTMU HARIMAUMU….SIAPA YANG MENANAM ANGIN AKAN MENUAI BADAI….TAK ADA ASAP BILA TAK ADA API…dan saya hormat dg Tjokroaminoto krn beliau bisa menjaga lisannya dalam membedakan porsi agama dg politik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here