Basuki Resmikan RPTRA Baung di Kebagusan

0
77

Ahok – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Baung di Jalan Baung, RT 04/02, Kelurahan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis (24/2).

Setibanya di lokasi sekitar pukul 08.20, Basuki langsung disambut tarian selamat datang. Kemudian sejumlah tarian dari pengelola RPTRA serta PKK Kebagusan turut menyajikan paduan suara dan tari-tarian.

RPTRA yang dibangun di atas lahan seluas sekitar 1.800 meter persegi ini dibangun oleh pihak swasta melalui program corporate social responsibility (CSR). RPTRA dibangun sekitar enam bulan lalu dan baru rampung awal bulan Februari kemarin.

Dalam sambutannya, Basuki mengatakan, bahwa Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak mewajibkan seluruh kota menjadikan sebagai kota layak anak. Padahal RPTRA sendiri sebenarnya sudah bisa jadi tempat ramah keluarga. Karena mulai dari balita hingga lanjut usia berinteraksi dalam satu tempat ini.

“Sebenarnya RPTRA ini tempat ramah keluarga. Namun karena kementerian meminta agar ada kota layak anak maka tempat ini diganti sebagai layak anak. Ini tempat kumpul warga berbagai usia, mulai dari balita hingga lansia,” kata Basuki.

Menurutnya, Pemprov DKI memiliki dua program utama yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Yakni pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) dan RPTRA. Program ini sangat membantu warga tidak mampu yang ada di Ibukota.

Alasan pembangunan RPTRA melibatkan swasta karena dahulunya setiap mengajukan usulan menggunakan APBD DKI selalu ada kendala.

Setiap pembangunan RPTRA, perencanaannya juga melibatkan perguruan tinggi dan tokoh masyarakat sekitar. Sehingga masyarakat turut andil memberikan masukan tentang desainnya. Agar masyarakat juga merasa dihargai dan ada nuansa Betawinya di RPTRA.

RPTRA Baung dilengkapi berbagai fasilitas yang sangat layak sebagaimana terdapat di RPTRA lainnya. Seperti lapangan serbaguna, sarana bermain anak, tanaman hidroponik, tanaman obat keluarga,  kolam ikan, PKK Mart dan sebagainya. [BeritaJakarta]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here