Penjelasan BTP saat Sang Anak Tanya Mengapa Tak Mau Dipanggil Ahok

0
137

btp-nichoBTP – Setelah keluar dari penjara, Ahok memutuskan untuk menggunakan nama Basuki Tjahaja Purnama atau BTP. Dia tak ingin lagi dipanggil Ahok, nama yang lebih dikenal masyarakat luas. Meski begitu, hingga saat ini masih banyak orang memanggil BTP dengan Ahok.

Untuk itu, putra sulung BTP Nicholas Sean mempertanyakan alasan sang Bapak tak ingin lagi dipanggil Ahok. Lewat akun YouTubenya, BTP menjelaskan alasan itu. Berikut ulasannya:

Niat mengganti panggilan menjadi BTP muncul saat Ahok masih dikurung di Mako Brimob. Saat itu salah satu Ibu Bhayangkari menanyakan alasan BTP dipanggil Ahok. Menurut ibu Bhayangkari itu, nama Basuki Thajaja Purnama yang diberikan orangtua sangat bagus. Yang mana seharusnya Ahok menggunakan nama tersebut.

“Nah kenapa papa ganti? Pertama waktu di Mako Brimob ini candaan lucu aja dari ibu-ibu Bhayangkari, ada 1 bilang gini ‘kenapa si Pak Ahok dipanggil Ahok sedangkan dikasih nama dari papa mamanya baik Basuki Tjahaja Purnama’, kata BTP menirukan pertanyaan ibu Bhayangkari.

Arti Basuki Thajaja Purnama
Selain Ahok, orangtua memberikan nama Basuki Thajaja Purnama (BTP). Arti dari nama BTP sukses, makmur, berhasil dan menerangi dalam kegelapan. Dari arti itu, Ahok ingin menggunakan nama BTP. Hal itu agar kehidupannya sesuai dengan harapan dan arti namanya.

“Kenapa enggak jadi Basuki. Basuki kan sukses, makmur, berhasil. Tjahaja Purnama kan menerangi dalam kegelapan. Maksudnya Papa saya, kan supaya kamu berhasil menjadi terang yang sempurna bagi banyak orang. Nah nama itu bagus kenapa harus diganti,” ujar BTP kepada putranya.

Orangtua Kasih Nama Ahok
Banyak yang mengenal BTP dengan nama Ahok. BTP menceritakan, nama Ahok pemberian sang Bapak. Kemudian pada tahun 1967 diganti menjadi Basuki Tjahaja Purnama. Sebetulnya nama yang diberikan adalah Ban Hok yang artinya puluhan ribu belajar.

“Sebetulnya banyak orang enggak ngerti nama Ahok itu apa. Kakek kamu kasih Papa nama Ahok itu bukan hok nya hoki sebetulnya. Hok kalau bahasa Mandarin Khek itu adalah belajar. Nama Papa dikasih tuh Ban Hok puluhan ribu belajar. Bukan Hok Fuk hoki jadi kalau dalam Mandarin ituh Wan Xue. Jadi hok ini hok sekolah,” kata BTP.

Lebih Suka Dipanggil BTP
Keinginan Ahok dipanggil Basuki Tjahaja Purnama (BTP) agar sesuai dengan harapan orangtua. Apalagi setelah di penjara dan bercerai dengan Veronica Tan, BTP ingin membuka lembaran baru. BTP mengakui nama Ahok bagus, akan tetapi dia lebih suka dipanggil BTP.

“Orang panggil Ahok boleh. Ketemu saya panggil Ahok ngga papa kok, tapi papa lebih suka menggunakan sesuai passport, KTP, nama Basuki Thajaja Purnama disingkat BTP,” kata BTP. [Merdeka.com]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here