Incar Pasar Global, Pertamina International Shipping Buka Kantor di UEA

0
224

BTP – PT Pertamina International Shipping (PIS) makin agresif untuk ekspansi pasar internasional. Terbaru, Pertamina International Shipping membuka branch office PIS Middle East di Dubai, Uni Emirat Arab.

Pembukaan kantor PIS di Dubai ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto, Duta Besar RI untuk UAE Husin Bagis, Konsulat Jenderal RI untuk Dubai Candra Negara, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama.

Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto mengatakan, kehadiran kantor Pertamina International Shipping di Dubai berperan sebagai penghubung distribusi energi yang lebih luas dan bukti jawaban bahwa Pertamina telah menunjukkan komitmen BUMN go global dan representasi BUMN di internasional.

“Kami dari Kementerian BUMN sangat senang dan kantor PIS Middle East,” kataSusyanto, dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati meyakini kantor cabang di Dubai ini bisa menjadi kendaraan Pertamina International Shipping ke depan untuk meningkatkan keuntungan khususnya pada pasar internasional.

Menurut Nicke potensi pengembangan bisnis Pertamina International Shipping masih sangat besar dan terbuka lebar. Apalagi pasca berkolaborasinya Pertamina International Shipping dengan salah satu perusahaan perkapalan terbesar di dunia asal Jepang, NYK.

“Kita perlu meningkatkan standar global dari Pertamina International Shipping agar bisa setara dengan global company lain. Transisi energi harus diantisipasi dari sekarang. Pertamina International Shipping kini sudah berusia enam tahun dan memiliki dua cabang, kita tunggu pasar lainnya karena saat ini sudah ada 18 rute internasional. Ini luar biasa,” pesan Nicke.

Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama menekankan kembali pesan Menteri BUMN Erick Thohir tentang peran perusahaan pelat merah dalam Indonesia Incorporated, di mana BUMN didorong untuk go global guna meningkatkan pendapatan dan nilai tambah lainnya.

“Pertamina International Shipping memerlukan strategic partner untuk maju, apalagi dengan perkembangan bisnis saat ini, transisi energi, sudah harus disiapkan. Pertamina sekarang sudah bertransformasi, kita semakin terbuka untuk bekerjasama dengan siapapun selama kerjasamanya saling menguntungkan, adil, dan tidak berbelit-belit,” kata dia.

Diresmikan pembukaannya bersamaan dengan HUT ke-6 Pertamina International Shipping, PIS Middle East atau Pertamina International Shipping Dubai merupakan kantor cabang perwakilan PIS kedua yang berada di luar negeri.

Sebelumnya, Pertamina International Shipping telah memiliki Pertamina International Shipping Pte Ltd (PIS PL) yang beroperasi di Singapura sejak 2018. [Liputan6.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here