Ahok Buka Suara soal Kilang Pertamina Dumai yang Meledak

0
220

BTP – Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau yang kerap disapa Ahok buka suara soal insiden meledaknya kilang minyak Pertamina Refinery Unit (RU) Dumai pada Sabtu malam, 1 April 2023.

Ahok mengaku sudah memberikan arahan kepada pihak direksi di perusahaan pelat merah itu. “Arahan saya ke direksi sudah jelas, apalagi ini sudah berulang kali terjadi dengan jarak waktu yg pendek,” ujar Ahok melalui pesan pendek pada Ahad pagi, 2 April 2023.

Arahan tersebut adalah memang perlu ada top management yang fokus menangani Health, Safety, Security and Environment (HSSE) di Pertamina Group. “Yang tanggung jawab penerapan HSSE sampe ke lapangan,” ucap Ahok.

Insiden meledaknya kilang minyak itu terjadi pada Sabtu malam pukul 22.40 waktu setempat. Sebelum terbakar, dikabarkan diduga ada dentuman keras yang berasal dari kilang. Banyak warga melaporkan kerasnya dentuman menggetarkan perabotan rumah. Bahkan, ledakan terdengar sampai Pulau Rampat.

“Plafon rumah warga di belakang kilang minyak juga banyak yang runtuh, dinding retak-retak, kaca rumah pecah,” kata warga setempat, Alex, seperti dikutip dari Antara.

Sementara Area Manager Communication, Relation, & CSR Pertamina RU Dumai, Agustiawan, menjelaskan sembilan korban dari peritiwa itu merupakan pekerja di ruang operator. “Mereka mendapatkan pertolongan pertama karena terkena pecahan kaca,” kata Agustiawan melalui keterangannya, Minggu, 2 April 2023.

Agustiawan mengatakan kejadian di area gas compressor berhasil ditangani pada Sabtu, 1 April 2023, pukul 22.54. Saat ini PT Pertamina Kilang Internasional (KPI), Subholding Refining & Petrochemical PT Pertamina (Persero), berfokus ke recovery kilang dan warga terdampak. Sebab, insiden meledaknya kilang menyebabkan sejumlah rumah dan tempat ibadah di sekitar lokasi mengalami kerusakan.

“PT KPI RU Dumai meminta maaf atas kejadian ini. Kami akan bertanggung jawab atas kerugian yang terjadi di masyarakat,” kata Agustiawan. [Tempo.co]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here