Ahok Sebut Pramono Akan Perkuat Fungsi RT/RW di Jakarta Layaknya Bapak/Ibu Kos

0
72

BTP – Mantan gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pasangan Pramono-Rano Karno berencana mengoptimalkan peran RT/RW di Jakarta layaknya bapak/ibu kos.

Menurut Ahok, warga yang kesulitan ekonomi dapat melapor ke RT/RW di lingkungan tempat tinggal mereka, sehingga RT/RW dapat membantu mencarikan solusi, termasuk bantuan finansial.

“Termasuk juga fungsi RT/RW, kita akan lakukan seperti kayak bapak/ibu kos, saya bilang gitu. RT/RW kan harusnya kayak orang tua kita kan. Siapa butuh apa, laporkan. Kalau enggak ada uang ya kita bantu. Kita carikan,” ujar Ahok di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Ahok menjelaskan, dengan meningkatkan penghasilan RT/RW sebagai pemerhati masyarakat, diharapkan tidak ada lagi warga yang kelaparan atau kesulitan ekonomi.

Selain itu, Ahok juga menekankan pentingnya peran RT/RW dalam memantau kondisi rumah tangga warganya, terutama jika ada rumah yang hampir roboh atau warga yang membutuhkan bantuan lainnya.

Terkait janji Ridwan Kamil yang berencana menganggarkan Rp 100-200 juta untuk setiap RW di Jakarta, Ahok menegaskan bahwa Pramono akan menjalankan semua program tersebut.

Ahok kembali menekankan bahwa masalah warga paling diketahui oleh RT/RW setempat.

“Kan kita enggak tahu nih rumah tangga orang lagi susah seperti apa. Mungkin butuh bantuan psikolog, atau uang. Kan kita enggak tahu rumah tangga orang masing-masing ada kesulitan kan. Nah harusnya yang paling tahu kesulitan rumah tangga kan si ketua RT-nya, ketua RW-nya,” jelas Ahok.

“Maka di situ kita selalu berpikir kasih tanggung jawab besar. Jangan cuma minta honor yang besar, tapi tanggung jawabnya juga besar. Itu tujuannya jadi pemerhati nanti, itu Pak Pram sudah lakukan,” imbuhnya. [Kompas.com]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here