PKL Akan Diberi Ruang Berjualan di Taman Kota

2
87

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan memberi ruang kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan PKL untuk bisa berjualan di lokasi kawasan hijau. 

Dalam programnya ke depan, Pemprov DKI akan merancang taman sebagai penampungan PKL dengan tidak mengorbankan area pedestrian yang ada.

“Nanti semua taman akan dicoba. Makanya, Pak Gubernur juga ingin ada Jakarta Night Market dan ingin PKL di Taman Monas juga bisa masuk berjualan,” kata Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (10/9/2013).

Untuk tahap awal, uji coba akan dilakukan di Taman Suropati. Tentu saja, ada aturan main yang tegas untuk itu. Basuki mewanti-wanti agar PKL berperilaku tertib dan tidak seenaknya. Jika bertingkah, pihaknya tak segan-segan mengusirnya.

“Makanya, kita mau uji coba di Taman Suropati. Kita harus tekan mereka, kalau mau berdagang di radius sekian, kamu tanggung kebersihannya dan kalau kotor kamu diusir,” tegas Basuki. Menurut Basuki, personel Satpol PP akan berjaga di lokasi taman untuk mengawasi dan menindak PKL yang melanggar aturan. “Jangan sampai sampah berserakan dan pedagang membuang minyak gorengan ke pohon maupun rumput,” ujarnya.

Berdasarkan fakta yang ada di lapangan, taman merupakan salah satu lokasi favorit warga untuk membeli jajanan sekaligus berekreasi. Hal inilah yang menjadi alasan PKL akan diberi ruang di kawasan taman kota.

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Ahok itu juga berwacana untuk mengubah gedung-gedung kantor seperti di luar negeri. Gedung itu tidak lagi dibatasi oleh tembok, dan warga dapat berjalan di celah antara gedung yang satu dengan lainnya.

PKL-PKL juga dapat berjualan di celah itu. Basuki mengakui telah menugaskan Kepala Bappeda DKI Sarwo Handayani yang kini telah diangkat menjadi Deputi Gubernur bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup DKI.[Kompas.com]

2 COMMENTS

  1. Ide bagus bang sebenarnya pkl 2 dapat dicegah yg tau itu lurah dan camat dimana lokasi yg boleh dan tidak seperti pkl 2 di jembatan lima ,petak baru ,asemka jakarta barat kemana aja lurah dan camat tersebut seharusnya pendekatan dahulu / kasih peringatan dan penyuluhan kan sudah ada contohnya tanah abang dll sebenarnya kemacetan disebabkan oleh PKL2 tersebut

  2. Eh tenda gerobaknya dari Bank DKI…kereeenn!
    .
    Boleh minta gerobak PKL Bank DKI yg baru, utuh asli satu aja buat ‘arsip’ kenang2an ane gak, pak Wi/AHok?
    .
    Pengeeeeeenn….bangeeeettt! Mauuuuu…! 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here