KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS, Sudut BTP » Basuki: Nih Tabungan Saya…

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memperlihatkan nominal uang yang tercetak di buku tabungannya kepada awak media. Nampak nilai Rp 971.487.547 di barisan terakhir buku tabungan berwarna jingga bertuliskan Bank DKI itu.

Hal itu ia lakukan untuk membuktikan kepada Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), bahwa LSM tersebut tidak pernah ‘menemukan’ dana operasional gubernur dan wakil gubernur DKI.

“Tabungan saya, saya kasih liat. Ini yang gaji resmi. Jadi kasih tau Fitra, ini temuan Ahok. Ternyata selama Ahok kerja di sini tabungannya ada Rp 971 juta. Dari pertama kali saya di sini,” ujarnya sambil memegang buku tabungan di ruangannya di Balaikota DKI Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Ia mengatakan, dana tersebut sebelumnya lebih besar lagi, yaitu sebesar Rp 1 miliar lebih. Namun, sudah diambil sebagian, untuk berlibur bersama keluarga serta membayar uang sekolah ketiga anaknya.

Dana Rp 971 juta itu, jelas Ahok, merupakan tabungan yang ia kumpulkan dari gajinya sebagai wakil gubernur sejak pertama kali menjabat pada Oktober 2012 lalu. Sementara, dana operasional berada di rekening yang berbeda dengan gajinya. Sebab, dana operasional tidak dapat digunakan untuk keperluan pribadi karena tidak dikenai pajak penghasilan.

“Ini udah kumpul selama setahun lebih lah. Ini bukan temuan Fitra, saya memberi tahu kepada saudara. Ini yang kena pajak dong. Memang siapa pejabat yang pertama kali membuka anggaran operasional? Saya. Semua ada di www. Ahok.org,” tegas mantan Bupati Belitung Timur itu.

Sebelumnya, Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) membeberkan penghasilan Jokowi dan Ahok per bulan masing-masing senilai Rp 1,7 miliar. [Liputan6.com]

  • Share/Bookmark
Tags: ,

47 Responses to “Basuki: Nih Tabungan Saya…”

  1. Saya pendukung Bang Ahok, bisa dilihat dari posting2 saya sebelumnya.
    Tapi dalam hal ini sebaiknya diterangkan uang sebesar itu dapatnya dari mana.
    Kalau dari gaji saja:
    http://ahok.org/berita/news/jumlah-gaji-gubernur-dan-wagub-bulan-februari-2013/
    seharusnya paling 8 juta/bulan. Sedangkan sisa sebesar 917 juta/tahun jadi perkiraan saya pendapatan 100 juta/bulan.
    Walaupun saya berpendapat pendapatan sebesar itu wajar sebagai Wagub karena anggota DPR saja dapatnya juga sekitar 100 juta/bulan padahal resiko dan kerjanya jauh lebih ringan – hadir dan duduk/tidur saja :).

    Reply
    • pendapatkan Pak Ahok selain gaji juga ada pendapatan lainnya seperti Insentif Pemungutan Pajak, Honorarium Wagub Sebagai Ketua Pelaksana Komisi Penanggulangan AIDS, Honorarium Wagub Terkait Insentif Koordinasi PBB … selengkapnya bisa dilihat di http://ahok.org/category/tentang-ahok/kenapa-ahok/

      Reply
      • Yth. LSM Fitra, tolong minta audensi lah supaya diterima Pak Ahok, lalu Pak Sak upload videonya disini, penasaran kami, krn cerewet terus si Fitra ini! Jadi tema ini cepat diclosed. Tks

        Reply
        • Setuju Bos….emang cerewet banget tuh orang nyari2 kesalahan terus!!!!!

          By.Pendukung Jokowi & Ahok dari Bogor 😀

          Reply
          • saya juga mau dunks liat orang2 LSM Fitra yang suka fitnah jokohok…. hehe pengen lihat ditohok langsung sama pak Ahok.. haha

      • Sak ternyata LSM yg provakotor ya Fitra SI ucok , nih di video ini menit 25:25 dia memprovokasi , penghuni bantaran kali untuk jangan mau di gusur ,bahkan minta gaji 7 Juta per bulan

        Goblok banget nih si ucok , bisa di pidanain nih memprovokasi orang . bukti sudah ada
        Sikat Sak

        https://www.youtube.com/watch?v=z33e9LyfWBo

        Reply
    • Ngapain diterangkan lagi.. harus bersyukur ada pejabat kayak mereka yang transparan sampai tahap ini.
      maasih kurang?

      Reply
  2. Apa mgkn Fitra ini binaan/digaji Pak Foke atau Haji Lulung kali ya? Kerjaannya hanya “blower” Jokohok melulu. Tolong Fitra ajak Jokohok adu debat terbuka saja, dalam 1~2 jam ketahuan, apakah Fitra benar atau cari sensasi aja. Buang waktu baca Fitra lagi, Fitra lagi, Fitra lagi

    Reply
  3. fitri pandai nyanyi pasti pandai karaoke juga wkwkwwkw

    Reply
  4. FITRA juga jangan diladenin gak ada pentingnya. Biar dia koar2 juga rakyat banyak gak percaya. Biarin aja, nanti dia kebakaran jenggot sendiri. Apabila Fitra fitnah, mudah2an keturunannya tidak kena kutuk. Masih banyak pekerjaan DKI yang mensita waktu pak Ahok. Lebih baik konsentrasi dng tugas mulia sebagai Wagub ini.

    Reply
  5. Harap Maklum FITRA disupport bla-bla.. Jadi selalu menyudutkan Gub dan Wagub DKI..

    Reply
  6. mbok ya FITRA sekali-kali buka pendapatan Presiden dan keluarganya, anggota DPR, Menteri dll

    Reply
  7. maklum”biasanya LSM2 mungkin dapat setoran dari pejabat dgn menyalurkan biaya operasional atau lainnya dari pejabat,sehingga yg tdk nyetor dikorek2″,nggak taunya yg dikorek orang jujur,bersih kasian deh fitra klo semua pejabat tdk setor,bisa2 modar.bravo jb

    Reply
  8. Neng Fitra, Gubernur & Wakil seluruh Indonesia ada puluhan. Coba cek satu2, bikin informasi yang berimbang, minta itu keuangannya dibuka semua. Baru disimpulkan seperti apa. Kalau tidak ya berarti ini LSM tendensius, tidak profesional. Berani ga buka pendapatan personel Fitra dari mana?

    Reply
  9. fitra baiknya ketemu langsung dengan bang ahok, bisa talksow aja, baiknya media tv kasih fasilitas. ayo tv1 metrotv.

    Reply
  10. apaan sih tu yang namanya FITRA?
    dijaman pemimpin yang dulu kemana aja si FITRA?
    GOBLOK MUNAFIK

    Reply
  11. Dari awal jokowi-ahok mengajukan sebagai cagub- cawagub saya sudah dukung penuh. Untuk mba fitra, tolong ya jangan cari sensasi aja mending ngomong terang2an ama yg bersangkutan aja. Thx

    Reply
  12. Kita tunggu apakah bapak ahok ini berani untuk buka laporan penghasilan pajak tahun depan? Kalo 900 juta itu semuahnya pendaptan dalam satu tahun tentu pajaknya bisa lebih dari 300 juta.

    Reply
    • ketemu aja pak Ahok langsung di balai kota , mas…nyatakan anda menunggu laporan penghasilan beliau tahun depan.
      Jika pak Ahok tetap buka laporan, gantian anda buka juga, laporan penghasilan anda depan petugas pajak..
      Gimana? Adil kan dengan ajakan anda ini yg kesan nya Ahok tahun depan gak akan berani terbuka.

      Reply
      • Tiap tahun saya lapor pajak.
        NPWP saya
        47.160.051.0-061.000
        Agus Muhammad Ramdan

        Reply
        • To Om Agus, ente niatnya memang mau cari gara2 sama Om Wagub. Kalo gitu ane juga mau ente kudu wajib buka semua penghasilan dan pajak yg anda bayar tahun 2013. Itu baru fair. Jangan menjadi orang yg fanatik agama berlebihan dengan menjelek2an orang yg tidak seagama dengan anda.

          Reply
      • yg gw maksud adalah, apa yg akan anda lakukan, kalo pak Ahok berani buka laporan penghasilan nya tahun depan?

        kalo NPWP ya semua org jg punya, tiap tahun jg lapor, tp gak semua org yg dikomentari, kita tunggu nih apa tahun depan ni orang berani buka laporan pajak nya? Kesan nya negatif.

        Lagipula Fitra, kenapa kagak usut juga yg lalu itu, dipake apa aja itu dana operasional, dana CSR, mumpung masih pd hidup juga mantan pejabatnya.

        Reply
        • Buat apa sekepo itu pak Agus?
          jaman pejabat2 yang dulu loe kemana aja?
          Kita sudah harus bersyukur dapat pejabat yang mau open seperti mereka. Kita harus belajar percaya !
          Kalo ternyata nantinya laporan pajak Ahok sesuai dengan yang didapat u mau ngapain?

          Reply
    • Kok lebih dari 300jt. Pajak ajah 5%. klo 900 5%nya 45jt gmna ngitungnya bisa lebih dari 300jt???

      Reply
  13. salut Pak Ahok,… btw… gak usah di ladenin pak itu ocehan nya FITRA… cuma mo mancing2 aja tuh pak..
    mereka juga gak transparan pendanaan LSM nya dari mana 🙂

    Reply
  14. fitra lagi fitra lagi…. gak usah diladenin lagi pak ahok, orang sirik itu pak yang selalu nyari kesalahan orang lain, syirik berarti tanda tak mampu,
    dari pada ladenin fitra mending mikirin rakyat pak,
    ayo pak majukan jakarta dan mari berantas korupsi

    bukan hanya rakyat jakarta yang mendukung bapak, kami dari wilayah sumatera juga pendukung bapak..
    maju terus buat JOKOHOK

    Reply
  15. Ternyata yg dibilang Pak AHOK ada LSM yg suka memprovokasi setiap tindakan penataan tempat kumuh adalah LSM Fitra Si Ucok Babon

    nih lihat di video ini menit 25:25 , Ucok Babon yg ngomong sendiri memprovokasi penghuni bantaran kali untuk tidak mau di gusur tapi minta gaji 7 juta per bulan.

    https://www.youtube.com/watch?v=z33e9LyfWBo

    Reply
  16. Pak Jokowi, pak Ahok memang harus dikritik, tapi juga diberikan pendapat/solusi, atau ide, bagaimana baiknya…jgn kritik dgn buta mata, buta hati pula…
    Yg paling tau masalah di DKI, ya warga di wilayah itu sendiri…maka nya ikut benahi dan berikan saran masukan buat pemda, tentunya solusi yg sesuai dgn aturan/ konstitusi.

    Reply
    • soalnya saya di bilang mendapatkan hadiah sebuah mobil yariz , memang sih sudah banyak penipuan dengan modus seperti itu , cuma ya karena ini bawa bawa bapak Jokowi , makanya saya bingung , tolong jawaban nya Pak ! Thanks

      Reply
  17. seharusnya pak fitra sebelum nya mikir dulu y,,apa efek ke dia ngomong gk sesuai fakta…untuk selanjutnya masyrakat uda gak percaya ke dia…

    Reply
  18. FITRA GOBLOK ga punya otak

    Reply
  19. kenapa fitra selalu mencari kesalahan-kesalahan yang ada seh?sudah jelas semua transparan tp tetap saja tidak percaya dan mencari masalah-masalah pasangan jokowi dan ahok

    Reply
  20. Kalau dipikir pikir, ahok jadi serba salah. Klau tidak ditanggapi, muncul pendapat bahwa apa yg fitra omongkon itu benar adanya. Tapi klu ditanggapi, yah seprti menanggapi angin yang hilang dlm sekejab. Tidak perlu ditanggapi tapi buat pusing kepala.

    Reply
  21. mantap pak..salut buat bapak..
    bersih transparan dan profesional#Gbu pak.

    Reply
  22. Belakangan ini ada beberapa kasus yg melibatkan bus TransJakarta (Kendaraan favorit Pemerintah DKI).
    Sekedar usul, cobalah sesekali pak Jokowi atau pak Ahok blusukan naik Bus TransJakarta (Usahakan pada sore hari).
    semoga dengan ini bisa mendapat ilham tentang bagaimana menciptakan transportasi yang manusiawi.

    Reply
  23. mereka hanyalah parasit yang mencari kesalahan pemimpin yang sempurna

    Reply
  24. saya yakin dengan itikad baik pa Ahok membangun jakarta. 🙂 maju terus pak.

    Reply
  25. asik banget gajinya..kapan saya punya gaji segitu..ckck

    Reply
  26. Fitra dibayar siapa ya? U operasional, gaji dll….

    Reply
  27. wah banyak juga ya tabungannya …. selamat.
    sekedar usul nih pak ahok, bagaimana kalau mengelola apbd diidentikkan dengan mengelola anggaran keluarga? maksudnya tidak semua pendapatan harus habis tapi disesuaikan dengan kebutuhan jadi ada sisa, nah sisanya disimpan sebagai tabungan daerah. karena kalau dipaksakan pendapatan harus habis maka rawan disalahgunakan seperti apbd dki 2015.

    Reply
  28. Ini yg nama nya manusia berakhlak,,, berani jujur dan berani melawan ketidak jujuran..

    kejujuran akan kalah untuk kondisi sesaat,, tapi akan menang untuk selama nya..

    Reply
  29. ga guna santun tapi bangsat

    Reply
  30. Keren nich pak ahok jujur, top markotop
    Semoga pemimpin yg lain mengikuti contoh yg baik.

    Reply
  31. Biarlah anjing menggogong Ahok tetap jadi gurbernur yang jujur dan transparan bwt jakarta..dan menjadi inspirasi buat gurbenur2 yang lain. Yang ingin indonesia bebas korupsi

    Reply
  32. Very organiser Gubernur. Sebagai bangsa Indonesia yang tinggal di luar Indonesia, saya merasa bangsa Dan merasa mempunyai Identitas bangsa saat Ini, dengan hadirnya figure terobosan baru, Dan cara pola pikir yang lebih efficient, simple , terbuka, jujur Dan transparantcy. Semoga Dengan hadirnya Bpk Basuki Tjahya Purnama, Akan lebih menggali para generation bangsa yg berpotensi untuk membangun Bangsa Lebih Gaul di Kancah Dunia, tidak terus ketinggalan zaman yah Pak Ahok. Semoga Bapak terpilih lagi menjadi Gubernur Jakarta.

    Reply
  33. Pak Ahok sang ikan Salmon dari Belitung

    Reply

Leave a Reply