Basuki Pastikan Dua Rute LRT Dibangun Tahun Ini

5
74
Ilustrasi LRT

Ahok.Org – Pemprov DKI Jakarta bakal membangun sebanyak dua dari tujuh rute Light Rail Transit (LRT) tahun ini. Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama menjelaskan dua rute yang akan dibangun yakni koridor satu dengan rute Kebayoran Lama-Kelapa Gading dan koridor tujuh dengan rute Kelapa Gading-Kemayoran-Pesing-Bandara Soekarno-Hatta.

“Ada tujuh desain koridor dan mau dibangun dua koridor dulu,” kata Basuki, di Balai Kota, Kamis (22/1/2015).

Prioritas pemilihan kedua koridor itu karena rutenya melewati akses-akses pelaksanaan Asian Games 2018, termasuk kampung atlet. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan transportasi untuk perhelatan olahraga terbesar kedua setelah Olimpiade tersebut.

Hal senada juga diungkapkan Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi DKI Soetanto Soehodho.

Ia mengatakan akses transportasi ke Bandara sangat diperlukan saat penyelenggaraan Asian Games 2018. Nilai investasi pembangunan dua koridor LRT ini mencapai Rp 25 triliun.

Koridor satu sepanjang 20 kilometer dan koridor tujuh sepanjang 30 kilometer dengan hitungan Rp 500 miliar per kilometer. “Sehingga jika dihitung per unit cost itu biayanya bisa setengah triliun rupiah per kilometer, maka hitungan kasarnya, kami butuh Rp 25 triliun,” kata Soetanto.

Rencananya Pemprov DKI akan membangun tujuh rute, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading sepanjang 21,6 km, Tanah Abang-Pulo Mas sepanjang 17,6 km, Joglo-Tanah Abang sepanjang 11 km, dan Puri Kembangan-Tanah Abang sepanjang 9,3 km.

Lalu Pesing-Kelapa Gading sepanjang 20,7 km, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 18,5 km, dan Cempaka Putih-Ancol sepanjang 10 km. Hingga saat ini, ketujuh rute tersebut masih dalam kajian dan masih bisa berubah sesuai kajian ke depannya. [Kompas.com]

5 COMMENTS

  1. Jangan menelantarkan pegawai yg sudah tetap naik busway…
    Ujan deres sedikit,koridor XII Tg.Priok-Pluit tidak beroperasi, emangnya bos kantor mau ngerti, dgn alasan ga ada busway…pt.TransJakarta lebay kan…

  2. silahkan LRT dilanjutkan sesuai schedule. Untk TJ, mohon program yg sdh digariskan spt pengadaan bis, perbaikan & pemeliharaan prasarana serta upaya sterilisasi jalur busway dijalankan sesuai program. Kalau tujuan pengadaan transportasi umum adalah untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat pengguna, sukur2 bisa mengurangi kemacetan pasti msyrkt akan mendukung sepenuhnya program pemprov DKI.

  3. Ayoo pak ahok…lanjutkan dan perjuangkan, buat LRT-Jkt yg baik, aman dan tentunya modern Kalau bisa gerbongLRT-Jkt yg menarik dan bagus enak diliatnya. Perbaiki transportasi agar pagelaran asian games juga dpt sukses dengan kebijakan”bapak ahok selama ini.

  4. Pak Ahok, saya dukung pmbangunan transportasi massal seperti LRT tp jgn dilupakan perbaikan sarana pedestrian spy masyarakat lbh nyaman naik kendaraan umum drpd bawa mobil/motor.
    Kondisi skrg pedestrian di jakarta benar2 parah; berlubang, penuh PKL, jd parkiran ato tidak rata shg sangat tdk nyaman. Mohon diperbaiki segera Pak. Terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here