“Dengan TKD Dinamis, Pelayanan Warga Semakin Baik”

2
89

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama berkeinginan mengubah citra pegawai negeri sipil (PNS) yang selama ini dinilai kurang baik.

“Saya sejak SMP sampai sekarang tinggal di Jakarta dan dahulu kalau lihat orang pakai baju seragam Pemda warna cokelat atau hijau pasti persepsinya orang itu mau minta duit saja,” kata Basuki di Balaikota, Kamis (22/1).

Ia berpikir, mungkin PNS DKI Jakarta saat itu memiliki penghasilan kecil sehingga terpaksa menarik pungutan liar (pungli) dan lainnya kepada warga yang meminta pelayanan. Oleh karena itu, Basuki berkeinginan mengubah persepsi buruk terhadap PNS DKI yang kerap meminta pungli saat memberikan pelayanan kepada warga.

”Mulai tahun ini kami menerapkan kebijakan pemberian tunjangan kinerja daerah (TKD) dinamis. Intinya, pegawai cukup kerja yang bagus dan tidak perlu lagi bermain saat memberikan pelayanan,” tuturnya.

Dengan penerapan TKD dinamis, Basuki berharap, seluruh pegawai negeri sipil (PNS) DKI nantinya dapat melayani warga secara baik.

”Kinerja pegawai harus seperti semangat calo mencari proyek, tapi tidak negatif. Jadi, tidak perlu lagi pegawai memeras, pasang muka memelas saat melayani warga,” katanya.

Ia menambahkan, penerapan TKD dimanis berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai oleh pegawai Pemprov DKI saat memberikan pelayanan kepada publik.

”Misalnya, bagaimana menghitung tunjangan untuk petugas Dishub. Kita akan kasih surat tilang. Seberapa banyak dia menilang angkot yang sembarangan ngetem. Di situ kita hitung poin untuk besaran TKD yang diterima,” tandasnya. [Beritajakarta]

2 COMMENTS

  1. waduh ngeri juga tu pak, nanti dishub cari-cari alasan agar bisa ditilang, dulu saya kena tilang tutup pentil motor tidak ada dengan alasan kelengkapan sepeda motor oleh polisi dan pernah spion padahal spion di curi, polisi harusnya bisa meihat mana pengendara yang memang melanggar dan yang memang tidak tahu ahirnya melanggar lalu lintas

  2. permisi pak ahok yg terhormat, apakah TKD DINAMIS itu cair sebulan sekali atau tiga bulan sekali?
    dan mohon untuk memberikan tutorial cara mengisi data input untuk menambah point,terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here