Basuki Resmikan Jakarnaval 2015 (Video)

3
65

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama secara resmi melepas gelaran Jakarnaval dalam rangka HUT ke-488 DKI Jakarta di Lapangan Monas Sisi Timur, Jakarta Pusat, Minggu (7/6).

Acara Jakarnaval ini diikuti oleh 35 komunitas hobi dan seni budaya, 22 kendaraan hias, serta 488 street performance. Seluruh peserta Jakarnaval akan berpawai mulai dari Plaza Timur Monas menuju ke Jalan Merdeka Utara, lanjut ke Jalan Medan Merdeka Barat. Khusus mobil hias, mereka akan berpawai melewati Jalan MH Thamrin hingga Bundaran HI. Sementara untuk pawai komunitas hobi dan seni budaya berbelok ke Jalan Medan Merdeka Selatan dan berakhir di Lapang Silang Barat Daya.

Basuki meresmikan pembukaan Jakarnaval ini dengan menabuh drum bersama dengan wakilnya, Djarot Syaiful Hidayat. “Dengan ini para peserta Jakarnaval 2015 saya resmi lepas,” ujarnya.

Usai diresmikan, para peserta Jakarnaval kemudian satu per satu menunjukkan yel-yelnya di hadapan Basuki dan Djarot, termasuk istri mereka masing-masing, Veronica Tan dan Happy Farida.

Beberapa komunitas yang menunjukkan bakatnya berupa tari-tarian bertema Jakarta, di antaranya adalah tarian yang menggambarkan Jakarta di masa depan dan tarian kebiasaan warga Jakarta sehari-hari. Selain itu, ada pula penampilan dari komunitas Cosplay yang memerankan pahlawan dari Betawi seperti Si Pitung serta beberapa tokoh-tokoh pahlawan dan super hero masa kini.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Purba Hutapea menyampaikan, pelaksanaan Jakarnaval kali ini dimajukan pelaksanaannya menjadi 7 Juni 2015 dikarenakan pada pertengahan Juni nanti sudah memasuki bulan Ramadan.

“Tema kali ini adalah Gempita Jakarta, menggambarkan warna-warni beragam komunitas yang ada di Jakarta, mereka tetap harus inspiratif dan inovatif,” ujar Purba.

Ia menyampaikan, di Jakarta tidak hanya ada suku asli Jakarta, yakni Betawi tetapi semua suku yang ada di Indonesia berada di Jakarta.

Di samping pawai, kata Purba, sejak pukul 12.00 WIB, penampilan artis-artis ternama Ibu Kota juga menghibur para pengunjung Monas. Mereka akan menghibur hingga pukul 19.00 WIB, di antaranya adalah penampilan penyanyi dangdut, Trio Macan.

Pawai komunitas juga diikuti beberapa lembaga kesenian dari daerah lain seperti Jawa Barat, Sulawesi Utara, Jawa Timur, serta Belitung Timur. Termasuk juga komunitas otomotif mulai dari vespa, mobil tempo dulu, hingga jeep.

Sementara untuk mobil hias yang mengikuti pawai ini berasal dari para Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) DKI Jakarta, mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Perhubungan, Dinas Kebersihan, Dinas Perumahan dan Gedung Pemda, hingga Dinas Pemadam Kebakaran, serta beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT), seperti UPT Kota Tua.

Selain itu, lima wilayah kota administrasi dan satu kabupaten di DKI juga ikut memeriahkan pawai dengan mobil hias tersebut. [Suara Pembaruan/Beritasatu.com]

Foto: Sak/Ahok.org


3 COMMENTS

  1. Om Sak tolonglah mengapa rapim itu rekamannya tidak sinkron dan terputus-putus. Tolong diperbaiki dan diberitahukan kepada yang bersangkutan. Ada tolong baca komen di youtube,semua mengeluhkan hal yang sama.Tolong Om Sak!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here