BTP: Orang Jakarta Sakit di Papua, KJS Tetap Berlaku

3
58

Ahok.Org – Kartu Jakarta Sehat (KJS) rencananya akan terintegrasi ke dalam Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS). Warga DKI Jakarta nantinya bisa menggunakan KJS untuk berobat di seluruh pelosok Indonesia. Sebaliknya, penduduk dari propinsi mana pun bisa menggunakan kartu BPJS-nya di DKI Jakarta.

“Tetap namanya KJS. Manajemennya kita minta nasional. Supaya orang Jakarta sakit di Papua, di Kalimantan tetap berlaku. Sama juga kalau orang Jawa Tengah sakit sampai di Jakarta itu juga bisa berlaku,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok)di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2013).

Menurut Ahok, pengintegrasian tersebut tidak akan mengakibatkan adanya polis ganda. Selama warga tersebut terdaftar sebagai penerima BPJS di daerahnya, ia akan bisa menggunakan fasilitas BPJS di Jakarta. Tarif BPJS juga sudah tidak menemui kendala lagi.

“Enggak ada kendala. Kendala kita cuma tarifnya kemurahan. Nah, tarifnya sudah diperbaiki di 2014, udah naik 35 sampai 50 persen. Jadi kendala tarif itu sudah selesai. Nah kalau kita enggak uji coba kemarin, berantakan,” papar mantan Bupati Belitung ini.

Ahok menuturkan bahwa pembiayaan terkait BPJS seluruhnya akan ditanggung oleh pemerintah pusat. Warga peserta KJS akan mendapatkan fasilitas setara perawatan kelas 3.

“Asal mereka mau ke puskesmas, dirawat di kelas 3 tetap dapet. Karena mereka punya mobil motor belum tentu sanggup kalau mereka sakit. Nah ini tinggal bagaimana kita mengatasi keadilan sosial ini,” kata Ahok.

“Nah boleh gak orang miskin jual barang buat dirawat di kelas VIP? Boleh saja? Nah yang jangan sampai itu ada orang yang dianggap kaya terus enggak taunya enggak bisa berobat. Nah makanya kita kasih kesempatan untuk bisa dirawat di kelas 3,” sambung politikus Gerindra ini. [Detikcom]

3 COMMENTS

  1. ini salah satu contoh keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia, saya cuma heran sama pemerintah pusat dan DPR knp adain bpjs beginian baru-baru ini emang mesti mikir 5th atau 10th br bs jdnya skrg gto, apa sengaja pilih waktunya pas pengen pemilu biar anda yg dipemerintah pusat dan DPR terpilih lg?
    Pemprov aja br brp bln ganti pemimpin udh lahir KJS keren kan??? I love ahok

  2. Untuk antisipasi hal2 yg tidak diinginkan bagaimana kalau kita rakyat yg peduli kemajuan bangsa Indonesia yg kita cintai ini , bentuk suatu barisan atau kelompok yg menjaga tokoh emas spt p.Basuki tp, jokowi ,dll …mengenai mekanisme nya …monggo….bagi yg mampu dan mempunyai potensi menggalang kekuatan sukarela seperti pahlawan pendahulu kita saat menumpas penjajah…..tanpa pamrih…murni demi kesejahteraan rakyat indonesia..,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here