BTP Tak Mau Lagi Ada Gepeng Dikejar-kejar Satpol PP

6
100

Ahok.Org – Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama ingin mengubah pola penertiban penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dari yang saat ini cenderung represif menjadi lebih manusiawi.

Menurut Ahok, ke depannya, tak boleh ada lagi para PMKS, dalam hal ini gelandangan dan pengemis (gepeng), yang diuber-uber oleh satpol PP.

“Boleh ditangkap, tetapi tidak pakai dikejar-kejar. Saya tidak mau lagi mereka dikejar-kejar, terus tabrakan, nyebur ke sungai. Pendekatannya harus pelan-pelan. Selidiki di mana, kemudian diajak temenan saja, dinasihati supaya kalau mereka sebenarnya bisa hidup lebih baik,” kata Ahok, di Balaikota Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Selain akan mengubah pola penertiban, Ahok pun berencana ingin mengubah panti-panti sosial. Rencananya panti-panti sosial tak boleh lagi memiliki tampilan layaknya penjara. Sebab, kata dia, itu bisa membuat para PMKS yang dibina di tempat tersebut menjadi tak betah.

Ahok menjelaskan, panti-panti sosial harus dibuat senyaman mungkin agar para PMKS yang menempatinya menjadi betah dan proses pembinaan terhadap mereka bisa berjalan dengan sukses.

“Tidak bisa tuh ditangkap terus dikurung, tidak bisa. Makanya, saya minta Dinas Sosial jangan buat panti sosial kayak penjara, dikurung. Apalagi yang PMKS anak-anak, mereka kan sudah terbiasa bebas, tidak bisa terima kan kalau dikurung. Jadi, harus dengan cara pendekatan,” ucap dia. [Kompas.com]

6 COMMENTS

  1. permintaan anda itu gak gampang. kalo mental tuh orang maunya jadi gepeng ya tetap gitu. kecuali pemerintah mendidik dan kasih tempat tinggal dan carikan pekerjaan mungkin masih bisa. kalo hanya nasehatin doank gak dikasih bantuan ya balik lagi jadi gepeng. apalagi petugasnya mana mau dia cara pendekatan ky gitu, yg ada langsung tangkap. repot kata petugasnya kalo cara anda. kecuali dinas sosial menyeleksi petugas yg benar2 ada keinginan sosialnya tinggi. membina dengan hati bukan membina karena gaji yg tinggi.

    • Doko, masukan anda benar, walau pelaksanaan dilapangan tidak semudah rencana diatas kertas dan pembahasan dalam raker. Gebrakan pak Ahok bukan evolusi namun sebaliknya, perlahan akan terlihat perobahan disemua lini, beliau bukan superman tapi mampu membangun super team yang memiliki etos kerja yang pantang surut. Cobalah sisipkan rasa simpati secuil anda atas kinerjanya selama ini. Apriori selalu menjebak kedalam suasana stagnant dan vicious circle.

  2. ah,kaya ga tau org gepeng.dikasi tempat enak klo betah juga repot.mala pada bermunculan gepeng laen ikutan minta ditangkep biar dpt gratisan.kan tau sendiri yg warga biasa aja ada yg sengaja menderita biar dpt bantuan pemerintah….
    paling masuk akal ya jadiin kaya sekolah&asrama aja.biar bisa kerja yg berguna buat warga skitar

  3. Sediakan satu dua pulau di kepulauan seribu, bikin pelatihan pertanian sayur mayur, kalau perlu hidroponik yg canggih untuk supplier DKI Jakarta, mereka bisa mendapat pendapatan, yg terlalu tua bisa diajarkan keterampilan kerajinan, tanpa pemerintah ketakutan mereka lari…beri sandang pangan yg layak

  4. Permasalahan yang sudah lama dan menumpuk…apalagi dengan cara gepeng mereka bisa hidup nyantai dan males-malesan tapi dapat duitnya banyak tidak kena pajak pula… mafia gepeng juga terlibat tidak hanya masalah mafia migas..

  5. Revolusi Mental aja, jadi kalo ada gepeng yang ketangkap dikasih aja pelatihan ala militer biar tidak jadi mental gepeng lagi, kemudian kalo masih kecil disekolahkan tp kalo uda dewasa diberdayakan jadi penjaga parkir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here