Jokowi Minta Kado Ini buat Ulang Tahun Jakarta

1
42

Ahok.Org – Gubernur DKI Joko Widodo meminta bantuan dari pihak swasta dan perusahaan negara melalui dana corporate social responsibility (CSR) untuk membenahi taman kota sebagai kado ulang tahun Jakarta ke-486 tahun.

“Jadi dimohon yang menjadi tanggung jawab Bapak dan Ibu bisa dikerjakan sebelum 22 Juni,” ujarnya dalam rapat koordinasi persiapan ulang tahun Jakarta di Balai Kota, Jumat, 5 April 2013.

Jokowi menjelaskan, kondisi taman kota dan sejumlah fasilitas umum seperti flyover dan underpass dalam kondisi mengkhawatirkan, kotor, dan tidak terurus. “Kalo Jakarta seterusnya seperti ini, bisa gubrak,” kata dia. “Yang bisa diubah secara cepat, ya cat, dan taman diperkuat.”

Jokowi memperhatikan kondisi taman di sepanjang jalan tol kotor dan kusam. Padahal, ulang tahun Jakarta dua bulan lagi. “Kok tumbuhannya kurus-kurus kayak gubernurnya? Pupuk dong biar indah!” ujarnya.

Bukan hanya itu, tulisan mural di samping kiri-kanan jembatan layang menambah kesemrawutan Jakarta. “Lakukan segera pengecatan. Saya perintahkan Satpol buat nungguin supaya enggak dicorat-coret,” ujarnya.

Jokowi mengajak para pengusaha untuk segera melakukan pengecatan secara merata, serta perbaikan taman di sejumlah titik yang menjadi tanggung jawabnya. “Catnya hati-hati, kemarin perintahnya kecepatan, jadi berbeda-beda, ada hijau putih, biru, putih. Untung enggak pink,” kata dia.

Ia mencontohkan beberapa warna yang cukup dinamis untuk diterapkan di Jakarta. Misalnya di underpass Tubagus Angke dan Pancoran yang menggunakan pengecatan warna hijau. “Beton ekspos, granit, dan batu candi jangan dicat, awas nanti keliru lagi perintahnya,” ujarnya.

Dalam rapat koordinasi, hadir puluhan perusahaan swasta dan negeri seperti PT KAI, Jasa Marga, Jakarta Propertindo, Jaya Konstruksi, Wika, dan Adhi Karya. Mereka diminta segera merampungkan pembenahan taman kota sebelum ulang tahun Jakarta dihelat Juni 2013 mendatang.[Tempo.co]

1 COMMENT

  1. Pak Gubernur kalau tembok-tembok sudah di cat dan taman sudah diperindah agar diinstruksikan kepada Satpol PP untuk menjaga dan mengawasi keindahan yang sudah dicapai agar tidak dirusak atau dicorat coret dengan pylox oleh anak sekolah atau orang yang tidak bertanggung jawab. Yang tertangkap tangan agar diproses secara hukum (dipidanakan) supaya kapok (jera).Agar pimpinan wilayah yaitu dari Lurah, Camat sampai Walikota bertanggung jawab terhadap keindahan wilayahnya jangan sampai cuek saja seperti yang lalu.Agar dilaksanakan prinsip “reward and punishment” supaya adil.Selamat Ultah Jakarta 2 bulan lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here