Periksa Surat Suara Sebelum Masuk Bilik

1
88

Ahok.Org – Warga yang memiliki hak pilih dalam Pilkada DKI Jakarta diharapkan memperhatikan dengan saksama surat suara yang diberikan petugas di tempat pemungutan suara (TPS). Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan kecurangan yang dilakukan pihak tertentu.

“Kami harapkan warga terlebih dahulu memeriksa surat suara sebelum masuk bilik suara. Jika kondisinya sudah dilubangi pada gambar tertentu atau kondisinya sudah rusak, segera lapor ke petugas TPS,” kata Fadly Zon, Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, dalam pernyataan pers di Pusat Data Tim Relawan JB, Menara 165, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (19/9/2012) sore.

Imbauan ini disampaikan Tim Pemenangan Jokowi-Basuki menyusul laporan indikasi kecurangan yang diperoleh tim JB dari para relawan lapangan. Menurut Fadly, tim JB telah disiapkan untuk mengantisipasi temuan-temuan indikasi kecurangan yang dilakukan berbagai pihak.

Koordinator Tim Relawan JB Hasan Nasbi menjelaskan, tim relawan yang dibentuk sudah siap mengantisipasi segala bentuk kecurangan. Mereka telah dilatih untuk mengamati berbagai persoalan kecil yang terjadi di TPS.

“Sejumlah 45.000 anggota tim relawan kami sudah terlatih untuk mengawasi persoalan-persoalan itu. Mereka telah mengikuti trainning selama 3,5 bulan. Jadi, mereka sudah tahu cara untuk mengantisipasi masalah-masalah itu,” terang Hasan.

Karena itu, pihak JB mewanti-wanti semua pihak untuk tidak melakukan bentuk kecurangan apa pun. Berbagai cara antisipasi dan dokumentasi yang menjadi cara penyelesaian langsung di lapangan ataupun untuk memproses hukum telah disiapkan pihak Jakarta Baru.

“Di tiap TPS kami siapkan tiga relawan dengan baju kotak-kotak sebagai saksi dan relawan lain sebagai satgas dan petugas lain dengan berpakaian biasa. Mereka siap mengantisipasi setiap kemungkinan di TPS,” ujar Hasan.[Kompas]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here