KEADILAN     UNTUK     RAKYAT                 BERSIH     TRANSPARAN     PROFESIONAL    
Home » BALAI KOTA, BERITA, NEWS » Terminal Bagus dan Bersih, Warga Beralih ke Angkutan Umum

Ahok.Org – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, program Pemprov DKI merevitalisasi terminal Ibu Kota untuk mengubah pandangan negatif masyarakat.

Menurut dia, dengan adanya program tersebut, akan semakin banyak masyarakat yang berminat menggunakan transportasi massal.

“Prinsipnya Pak Gubernur itu terminal kalau bersih, bagus, dan aman, orang menjadi suka naik kendaraan umum,” kata Basuki, di Balaikota Jakarta, Rabu (11/9/2013).

Tak cuma masyarakat yang diuntungkan dengan fasilitas itu, pedagang kaki lima (PKL) yang berdagang di sana juga akan lebih untung. Pendapatan mereka akan meningkat tiap harinya karena pengunjung terminal semakin banyak.

Kendati demikian, Basuki menjelaskan, Pemprov DKI juga memberikan tanggung jawab kepada para pedagang untuk menjaga kebersihan lingkungan dan tidak menjual lapaknya kepada pihak lain. “Kita kasih tanggung jawab dagangnya seperti apa, kalau dia mewariskan ke anak menantunya boleh saja, tapi kalau dijual ke orang lain, akan kita sita,” tegas Basuki.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengungkapkan, revitalisasi 18 terminal bus DKI tersebut telah memasuki tahap awal, yaitu DED (Detail Engineering Design).

Rencananya, tahap lelang konstruksi akan dilaksanakan awal tahun 2014 mendatang dan diperkirakan akan rampung dua tahun lagi, yakni 2016. Arsitektur revitalisasi terminal akan disamaratakan.

Ke-18 terminal itu akan dibangun dengan arsitektur campuran, yakni kolonial di bagian eksterior, khas Betawi dan modern di interiornya. Terdapat tiga konsep revitalisasi 18 terminal itu. Pertama, mezanine concept, yakni pergerakan penumpang dengan angkutan berada di lantai terpisah dan tak ada crossing dengan angkutan.

Kedua, pedestrian crossing concept, yakni pergerakan penumpang dengan angkutan ada di satu lantai, dan ada crossing dengan angkutan. Ketiga, combination concept, yakni kombinasi terminal di antara dua konsep yang sebelumnya.

Adapun total anggaran revitalisasi 18 terminal berjumlah Rp 1,7 triliun. Ada juga beberapa proyek revitalisasi terminal yang menggunakan anggaran tahun jamak (multiyears). Dari 18 terminal yang direvitalisasi, hanya 15 terminal yang menggunakan APBD sedangkan 3 lainnya, yakni Cililitan, Blok M, dan Lebak Bulus bekerja sama dengan pihak swasta.

Berikut 18 terminal yang akan direvitalisasi: 1. Terminal Pulogadung, 2. Terminal Rawamangun, 3. Terminal Kampung Rambutan, 4. Terminal Cililitan, 5. Terminal Kampung Melayu, 6. Terminal Pinang Ranti, 7. Terminal Klender, 8. Terminal Senen, 9. Terminal Kota Jakarta, 10. Terminal Ragunan, 11. Terminal Pasar Minggu, 12. Terminal Lebak Bulus, 13. Terminal Kalideres, 14. Terminal Tanjung Priok, 15. Terminal Muara Angke, 16. Terminal Grogol, 17. Terminal Blok M, 18. Terminal Manggarai.[Kompas.com]

  • Share/Bookmark

10 Responses to “Terminal Bagus dan Bersih, Warga Beralih ke Angkutan Umum”

  1. Sewaktu sy naik kereta api di Jakarta sy merasa mem baur dgn penumpang dekat dgn koneksi massa, sangat Bangga sekali menjadi warga Jakarta. Banyak pedagang keliling men Jaja kan Dagang an nya, menarik Dan bebas Memilih, senang dgn kegiatan penjual yg mencari nafkah.’ Cuma Sayang nya’ tidak teratur, makanan yg di beli dari pedagang keliling, para penumpang dgn tidak sungkan2 mem buang kulit buah2 an Dilantai kereta api yg harus nya kita jaga kebersihan nya.’ Ada kadang2 pen candu narkoba masuk, mintain duit terrorising Pikiran ke negative thinking’ Apakah Akan ada penertiban umum yg Akan Bersih dari ke negative an pandangan ttg Jakarta di masa Depan?”

    Reply
  2. Jangan lupa dipikirkan fasilitas “park & ride” nya terutama didaerah “pinggiran”. Kalau bayar parkir mahal ya percuma juga.

    Reply
  3. Alamat email pak ahok apa yah ?
    Mohon info
    Terimakasih

    Reply
  4. TOILETNYA JUGA DISTERILKAN DARI PENJAGA RECEH DEPAN PINTU KOH!! sudah terlalu org Indon cari duitnya,kemana2 WC umum aja dipalakin,Jakarta jadiin barometer WC umum gratis pertama di Indonesia Raya,bravo Jokohok

    Reply
  5. Saya koq sekarang jadi makin ilfil ya tiap kali denger PKL begitu disanjung2 dan jadi anak emas / anak kesayangan Gubernur & Wagub DKI :(
    -
    Wah, mesti libur panjang dari tempat ini dulu kali ya untuk sementara waktu. oke deh. saya ciao duluan ya.

    Reply
    • grace..
      PKL bukan lagi dianakemaskan, cuma lagi mo ditata ajah biar lebih rapih shg gak nyusahin kepentingan orang banyak/laen gituh..
      kalo dirasa spt itu, mungkin krn emang sedang intensif dilakukan pembenahan para PKL2 ini agar tak jadi masalah berulang2 nanti shg malah gangguin fokus kerjaan laen Gub/WaGub nanti.
      sabar aja yaaa…. ntar juga bakal selesai gak lama lagi koq… :)
      urusannya mindhin PKL tenabang lalu aja juga makan waktu banyak, dan menyita banyak energi juga – tapi sekarang stlh berhasil dipindahkan semua PKL nya, udah jauh lebih legaan jalan2 di area tenabang katanya shg mobil2 bisa lewat dgn cukup lancar dibanding dulu.

      Ente bermasalah/fobia berat dgn PKL dan segala asosiasi kpdnya rupanya… :D
      Kenapa ente benci sekali dgn PKL klo bole tau?
      .
      Coba meditasi barang bentar beberapa kali, tenangkan diri dan kosongkan pikiran…
      Bilang/kuatkan dlm hati: “Saya tak takut dgn PKL lagi! PKL is nothing!” berkali2. :)
      .
      kadang gerobak PKL bisa dipakai utk ganjel mobil di tanjakan ato ganjel pintu pager tetangga, ato bemper rumah plus penanda pinggir jalan…

      keep your spirit up n running, grace! :)

      Reply
    • nih coba liat linknya, pak JokoWi ternyata juga bisa nyindirin para PKL ‘kreatip’ koq, jadi bukan dianak-emaskan kan?
      —–
      http://ahok.org/berita/news/jokowi-soal-tuntutan-pkl-kota-tua/
      —–

      Reply

Leave a Reply

Spam protection by WP Captcha-Free