Visi dan Misi Pada Saat Memimpin Belitung Timur

2
98

Dalam kepemimpinannya, Bupati Belitung Timur Ir Basuki T Purnama, MM memiliki visi, misi dan program sebagai pijakan dan kinerja dalam melaksanakan tugasnya untuk mengisi pembangunan dan kesejahteraan rakyat Kabupaten Belitung Timur yang notabene baru dimekar.

Adapun visi dari Bupati Belitung Timur periode 2005-2010 ini adalah Menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang tangguh dengan memberdayakan Sumber Daya Alam (SDA) di Kabupaten Belitung Timur.
Dalam memperjuangkan visi tersebut Ir Basuki T Purnama, MM mewujudkannya dalam lima aspek misi serta memberikan kebijakan-kebijakan, strategi pembangunan dan agenda program yang akan ditempuh oleh Pemda Kabupaten Belitung Timur.

Kelima aspek misi tersebut sebagai berikut :
1. Menjadikan pemerintah daerah yang profesional, jujur dan berwibawa dimata rakyat.
2. Memberikan jaminan kesehatan dan pendidikan bagi seluruh rakyat.
3. Menciptakan wiraswasta-wiraswasta skala kecil dan menengah.
4. Menjadikan kabupaten Belitung Timur sebagai kawasan industri, pariwisata dan kelautan-perikanan secara terpadu.
5. Mengelola sumber daya alam dengan konsep jangka panjang dan berwawasan lingkungan.

Sejak resmi menjabat Bupati Belitung Timur (pelantikan tanggal 3 Agustus 2005-red), Ir Basuki T Purnama, MM telah berupaya merealisasikan misi-misi yang tersebut diatas. Diantaranya adalah menjadikan pemerintah daerah yang profesional, jujur dan berwibawa di mata rakyat, ini terlihat dengan sudah adanya perbedaan paradigma dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya di lingkungan pemerintah daerah khususnya Pegawai Negeri Sipil seperti lebih displin dalam kerja, dan lain sebagainya.

Sebagai wujud memberikan jaminan kesehatan dan pendidikan bagi seluruh rakyat, Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung meng-ASKES-kan masyarakat Belitung Timur dengan demikian seluruh masyarakat yang ber-KTP Belitung Timur dapat berobat secara gratis. Untuk pendidikan, Pemerintah Daerah memberikan subsidi uang sekolah dari SD hingga SMU termasuk juga buku cetak dipinjamkan kepada siswa.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Belitung Timur, pemerintah daerah memberikan bantuan-bantuan sosial seperti bantuan rumah layak huni bagi keluarga kurang mampu dengan menggerakkan sektor riil.
Pemerintah daerah juga memberikan bantuan uang sebesar Rp 500.000 untuk penduduk yang meninggal dunia dengan ketentuan membuat akte kematian.

Untuk misi yang ketiga, pemerintah daerah mengusahakan perkebunan sawit rakyat dengan mendatangkan investor kebun kelapa sawit dengan sistem plasma yang dominan dan . Tidak hanya itu untuk misi yang ketiga ini Pemda kepada usaha skala kecil dan menengah memberikan bantuan dana bergulir seperti PEPM (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir).

Sedangkan untuk misi yang keempat, Pemda memfaatkan Kawasan Industri Air Kelik (KIAK) yang berada di Desa Air Kelik sebagai pusat kawasan industri hilir dari minyak sawit (CPO) dan pusat penyimpanan dan distribusi minyak sawit (CPO) hasil seluruh pabrik di Belitung ke seluruh dunia melalui pelabuhan Tanjung Keluang bekerjasama dengan PT Stelindo Wahana Perkasa (SWP).

Untuk mewujudkan misi yang kelima ini maka diperlukan pencapaian keempat misi sebelumnya, hal ini disebabkan kesulitan yang paling besar adalah mengatasi penambangan timah-timah secara liar oleh rakyat.

2 COMMENTS

  1. Sy terkesan dengan website ini. Beberapa materi yg terkait dengan pembahasan UU Pemilu saya download. Mudah-mudahan makin banyak anggota DPR yang seperti Anda. Salam. Refly Harun

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here